0
  CONTACT US by WHATSAPP
Pengertian Piroteknik
09
May
Pengertian Piroteknik dan Jenis Alatnya
May 09, 2018By Velasco

Istilah piroteknik berasal dari bahasa Yunani, yaitu pyro yang artinya api, dan tekhnikos yang artinya dibuat dengan seni. Karena itu, pengertian piroteknik adalah sebagai teknik reaksi kimia yang menghasilkan ledakan, nyala api, gas, asap, serta suara. Sistem piroteknik sangat luas digunakan di berbagai industri. Misalnya kembang api digunakan di industri hiburan, atau flare di industri kapal. Dalam industri perkapalan, alat piroteknik merupakan bagian dari alat safety yang wajib tersedia pada tiap kapal.

Terdapat beberapa jenis alat piroteknik, ada yang menghasilkan nyala api berwarna merah seperti red hand flare, ada juga yang berwarna oranye disertai asap seperti smoke signal. Alat piroteknik yang menghasilkan sinyal berwarna merah biasanya digunakan di malam hari, sementara yang berwarna oranye biasanya digunakan di siang hari.

Cara penggunaannya pun beragam. Ada yang dilempar bersamaan dengan life buoy, misalnya man over board atau MOB. MOB ini juga menghasilkan sinyal berupa asap dengan warna oranye. Ada juga alat piroteknik digunakan dengan cara meluncurkan ke atas seperti rocket parachute signal. Alat ini meluncurkan nyala api berwarna merah ke atas selama beberapa detik.

Kemudian ada juga alat piroteknik yang menempel dengan tali yaitu line throwing. Cara menggunakannya adalah dengan melepaskan tuas yang dapat membuat roket kecil meluncur hingga sejauh 230 meter. Roket ini akan membawa tali untuk dapat menyelamatkan korban yang berada di tengah laut. Diharapkan korban dapat mengambil tali tersebut dan dapat ditarik ke kapal terdekat.

Setelah memahami pengertian piroteknik dan beberapa jenis alatnya, Anda harus mengetahui bahwa semua alat piroteknik tersebut wajib ada di setiap kapal dengan jumlah tertentu. Semua itu diatur dalam SOLAS atau Safety of Life at Sea. Meski memiliki jenis yang berbeda, semua alat piroteknik tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu sebagai pemberi sinyal tanda bahaya. Karena pentingnya alat ini, maka pastikan Anda membeli dari distributor alat piroteknik yang terpercaya seperti PT Velasco Indonesia Persada.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat piroteknik dengan pelayanan terbaik. Kami jual alat piroteknik bergaransi merk Good Brother untuk menjamin kualitas dan keasliannya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.