0
  CONTACT US by WHATSAPP
Pengertian Main Hoist
19
Aug
Pengertian Main Hoist dan Auxiliary Hoist
Aug 19, 2018By Velasco

Apa itu hoist? Secara sederhana, hoist dapat diartikan sebagai kerekan, atau seperangkat rangkaian alat kerek yang berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan barang secara vertikal (atas-bawah). Pada sistem hoist terdapat main hoist dan auxiliary hoist. Nah, pengertian main hoist dan auxiliary hoist akan kita bahas pada artikel ini.

Sistem hoist yang paling sederhana (manual hoist) dapat kita lihat pada pembuatan kerekan sumur air. Sementara sistem hoist yang lebih canggih dapat kita lihat pada crane pengangkut alat berat, atau sistem elevator (lift). Dalam sistem hoist tersebut, barang diangkat atau diturunkan menggunakan rantai atau tali, sesuai dengan kebutuhan dan berat beban yang hendak diangkut.

Pengertian main hoist sendiri adalah hoist utama, yaitu kerekan utama yang digunakan pada sebuah crane. Sementara auxiliary hoist merupakan hoist tambahan atau hoist pendukung. Auxiliary hoist umumnya dirancang untuk mengangkat beban yang lebih ringan ketimbang main hoist. Karena mengangkat beban lebih ringan, maka auxiliary hoist juga dapat mengangkat beban tersebut dengan lebih cepat. Lebih jelasnya mengenai kedua perangkat ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Main Hoist dan Auxiliary Hoist

 

Istilah main hoist dan auxiliary hoist biasanya ada pada crane hoist, sebuah alat pengangkut barang berat. Crane hoist dapat dengan mudah kita temukan pada industri heavy lifting seperti konstruksi, migas, cargo, dll.

Crane hoist dioperasikan oleh seorang crane operator atau crane driver. Dalam menjalankan tugasnya, ia dibantu oleh banyak orang. Salah satunya adalah petugas yang berada di lapangan, tepatnya di depan crane. Petugas tersebut biasanya disebut signalman, ia berfungsi untuk memberikan aba-aba kepada crane driver mengenai apa yang harus dilakukan oleh crane tersebut.

Karena jarak yang jauh dan suara dari lingkungan sekitar yang sering berisik, maka mereka berkomunikasi dengan aba-aba gerakan tangan dan badan. Aba-aba tersebut mencakup berbagai perintah seperti kapan crane harus belok kiri atau kanan, mengangkat atau menurunkan barang, termasuk kapan crane tersebut harus menggunakan main hoist atau auxiliary hoist. Perbedaan aba-aba untuk main hoist dan auxiliary hoist dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini.

 

Hoist Signalman

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami adalah supplier peralatan hoist crane seperti wire rope, chain, dan peralatan rigging lainnya dengan pelayanan berkualitas. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.