0
Pengertian Lashing
09
Jan
Pengertian Lashing dan Peralatannya
Jan 09, 2018By Velasco

Pengertian lashing adalah sebuah aplikasi mengikat barang atau cargo pada sebuah alat transportasi. Lashing dilakukan agar barang tidak bergerak selama perjalanan, baik itu darat, laut maupun udara, sehingga barang dapat sampai tujuan dengan aman.

Pengertian Lashing

Terdapat beberapa alat yang dapat digunakan untuk aplikasi lashing, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Ratchet belt: alat pengikat berupa sabuk yang memiliki tuas pengikat.
2. Tali manila: adalah tali tambang yang terbuat dari tanaman Musa textilis.
3. Tali PP: adalah tali tambang yang terbuat dari bahan plastik polypropylene.
4. Tali PE: adalah tali tambang yang terbuat dari serat sintetis yaitu serat polyethylene.
5. Rantai stainless steel: merupakan jenis rantai yang terbuat dari stainless steel.
6. Turnbuckle: alat untuk mengencangkan ikatan tali atau rantai dengan cara memutar baut.
7. Loadbinder: alat untuk mengencangkan ikatan rantai dengan tuas pengunci.

Teknik lashing tidak hanya terbatas pada mengikat barang muatan, namun juga termasuk manajemen penyusunan muatan. Barang perlu disusun dengan rapih dan tertata agar tidak menghabiskan banyak tempat dan dapat diikat dengan sempurna.

Sebelum berangkat, pekerjaan lashing dicek terlebih dahulu dengan melakukan lashing securing survey oleh seorang surveyor. Kemudian saat di dalam perjalanan, baik itu menggunakan transportasi darat, laut, maupun udara, para pekerja harus mengecek kondisi lashing setidaknya satu kali dalam sehari untuk memastikan barang masih terikat dengan baik. Semua prosedur ini wajib dijalankan agar barang dapat sampai ke tempat tujuan dengan aman dan tanpa cacat.

Setelah memahami pengertian lashing beserta apa saja peralatannya, jangan lupa untuk selalu merawat alat-alat lashing serta melakukan pengecekan secara berkala. Alat lashing yang sudah rusak harus segera diganti karena sangat beresiko merusak barang dan membahayakan pekerja.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor ratchet belt, tali manila, tali PP, tali PE, rantai stainless, turnbuckle, dan loadbinder berkualitas dengan pelayanan terbaik. Selain itu kami juga jual berbagai alat safety seperti life jacket, life raft, dll. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.