0
  CONTACT US by WHATSAPP
29
Aug
Pelabuhan Pelabuhan Indonesia Terpenting
Aug 29, 2016By Velasco Indonesia

Ada banyak sekali pelabuhan pelabuhan Indonesia yang sangat penting untuk negara. Pelabuhan merupakan tempat yang sangat penting untuk perdagangan antar Negara. Indonesiapun adalah Negara yang menggunakan kapal untuk menerima dan menfgirimkan barang. Berikut adalah 3 pelabuhan paling penting di Indonesia.

pelabuhan

  1. Balawan  – Medan

Terletak di Kota Medan, Sumatera Utara, Pelabuhan Belawan merupakan pelabuhan indonesia terpenting di Pulau Sumatera.  Pelabuhan dengan total luas area kerja sekitar 12.072,33 hektar ini dilengkapi empat darmaga, dimana dua diantaranya mampu menyandarkan kapal dengan bobot masing-masing hingga 7000 ton. Bongkar muat komoditas Crude Palm Oil (CPO) menjadi primadona aktivitas ekonomi di pelabuhan ini. Nilai kuantitas ekspornya juga tak tanggung-tanggung, mencapai 51 juta ton/tahun. Selain CPO, ada pula bongkar muat bungkil (semacam ampas dari minyak kelapa sawit, red) dengan nilai ekspor mencapai 985 ribu ton/tahun. Sementara itu, untuk melayani kebutuhan angkutan penumpang, terminal penumpang Pelabuhan Belawan mampu memberangkatkan hingga 3.100 orang penumpang baik dari dalam maupun keluar daerah setiap harinya.

  1. Tanjung Priok – Jakarta

Mulai dikembangkan Belanda pada abad ke-18, Pelabuhan Tanjung Priok kini menjelma menjadi pelabuhan indonesia terbesar dengan aktivitas tersibuk, baik oleh lalu lintas kapal maupun kendaraan darat  pengangkut peti kemas maupun truk-truk pengangkut barang lainnya. Dwelling time Pelabuhan Tanjung Priok tercatat sebagai yang tercepat di Indonesia (5,2 hari). Saat ini, pemerintah tengah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja pelabuhan di Indonesia, termasuk Pelabuhan Tanjung Priok. Pemerintah juga tengah mempercepat pembangunan Pelabuhan Kalibaru. Ditargetkan selesai pada 2018, Pelabuhan Kalibaru yang kerap dijuluki ‘The New Tanjung Priok’ tersebut diprediksi bakal menambah daya tampung Tanjung Priok dari 6 juta twenty-foot equivalent units (TEUs) menjadi 15 juta TEUs.

  1. Tanjung Perak – Surabaya

Tanjung Perak merupakan  Indonesia tersibuk kedua setelah Tanjung Priok di Jakarta. Pelabuhan ini juga menjadi pelabuhan utama yang berfungsi sebagai kolektor dan distributor barang dari dan ke kawasan timur Indonesia. Saat ini, arus peti kemas di Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur tercatat mencapai 1 juta TEUs sejak diterapkannya sistem klasterisasi atau penataan ruang bongkar muat. Hal tersebut ditandai dengan telah bersandarnya Kapal Mentaya River rute Banjarmasin-Surabaya di Dermaga Berlian Timur pelabuhan. Sistem klasterisasi tak hanya dilakukan di terminal Berlian, tetapi juga dilakukan di Terminal Jamrud Utara, khusus untuk kegiatan bongkar muat curah kering dan general cargo internasional