0
  CONTACT US by WHATSAPP
Metode Wire Rope Sling
13
Jan
Metode Wire Rope Sling untuk Rigging
Jan 13, 2020By Velasco Indonesia

Industri alat berat atau rigging kerap mengandalkan wire rope sling untuk mengangkat, menarik dan mengikat barang dengan berat puluhan hingga ratusan ton.  Wire rope sling adalah kawat seling yang telah dimodifikasi dengan membuat mata pada bagian ujungnya. Terdapat beberapa metode wire rope sling yang digunakan untuk aplikasi rigging.

Metode Wire Rope Sling Pengaruhi WLL dan SWL

Perlu dipahami bahwa cara menggunakan wire rope sling mempengaruhi working load limit (WLL) atau safe working load (SWL). WLL dan SWL batas kapasitas yang dapat diangkut oleh sebuah wire rope sling. Mengangkut beban yang lebih berat dari batas tersebut akan mengakibatkan banyak kerugian, seperti merusak alat serta pastinya membuat pekerja dalam keadaan bahaya.

Pastikan juga wire rope sling dalam keadaan prima sebelum digunakan. Lakukanlah pengecekan secara rutin, kalau perlu panggil teknisi khusus apabila menemukan ada kejanggalan pada alat. Jangan ambil resiko sebab bahaya dapat mengintai apabila wire rope sling tidak dalam kondisi terbaik.  

Berbagai Macam Metode Wire Rope Sling

Terdapat banyak teknik kaitan yang bisa dipakai menggunakan wire rope sling. Berdasarkan banyaknya sling yang digunakan:

  1. Single leg sling, hanya menggunakan satu wire rope sling.
  2. Multiple leg sling, yaitu menggunakan lebih dari satu sling. Umumnya yang banyak dipakai adalah double leg, triple leg hingga quad leg.

Banyaknya leg tersebut tentu membantu mengurangi beban yang ditanggung setiap leg. Jadi, semakin berat beban, terutama apabila ukurannya besar, akan lebih aman menggunakan multiple leg sling.

Sementara berdasarkan jenis hitch atau cara mengaitkan beban ke wire rope sling, maka dapat dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Vertical hitch, kawat seling yang langsung dikaitkan ke beban.
  2. Choker hitch, kawat seling yang dibentuk mengikat beban.
  3. Basket hitch, kawat seling yang dibentuk menyerupai keranjang untuk mengangkat beban.

Ketebalan serta metode wire rope sling tersebut akan sangat menentukan seberapa besar kekuatan wire rope sling dalam mengangkut beban. Kekuatan wire rope sling (SWL) dapat dihitung dengan rumus:

SWL (ton) = diameter (inch) x diameter (inch) x 8

Nah, biar tidak pusing menghitung, ini dia tabel kekuatan wire rope sesuai dengan ketebalan dan metode wire rope sling yang dipakai.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual kawat seling asli bersertifikat dengan pelayanan terbaik. Kami juga menyediakan berbagai macam alat rigging sesuai kebutuhan Anda. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.