0
  CONTACT US by WHATSAPP
Merawat Webbing Sling
08
Nov
Merawat Webbing Sling Agar Awet
Nov 08, 2019By Velasco

Dalam industri yang bersinggungan dengan alat berat, merawat alat sangatlah penting. Sebab selain agar alat dapat tahan lama, merawat alat perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan penggunanya. Kali ini kami akan membahas tentang cara merawat webbing sling agar awet.

Pentingkah Merawat Webbing Sling?

Sangat penting! Sebab webbing sling digunakan untuk mengangkat barang berat. Lalai dalam merawat webbing sling dapat berakibat fatal yaitu kerusakan perangkat, hingga dapat merusak barang yang diangkut, serta membahayakan keselamatan pekerja. Bayangkan apa yang akan terjadi bila tiba-tiba webbing sling rusak saat mengangkat barang berat, kemudian barang tersebut jatuh menimpa pekerja.

Cara Merawat Webbing Sling

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat webbing sling adalah sebagai berikut:

  1. Webbing sling harus terhindar dari bahan kimia yang dapat menimbulkan reaksi dan merusak. Contohnya, webbing sling yang terbuat dari bahan nylon akan rusak jika terkena klorin.
  2. Saat webbing sling kotor karena terkena pasir atau debu, sling dapat dibersihkan menggunakan alat gosok ringan seperti kuas dan menggunakan semprotan air serta penyedot debu.
  3. Jika webbing sling kena noda, sling dapat dibersihkan dengan menggunakan sikat dan bilasan air.
  4. Hindari penggunaan alat pembersih yang kasar sebab dapat merusak benang-benang sintetis pada webbing sling. Sebaiknya gunakan alat pembersih seperti sponge.
  5. Hindari penggunaan air bertekanan tinggi terlebih yang melebihi load level dari webbing sling.
  6. Setelah dibersihkan dengan air, proses pengeringan sebaiknya digunakan secara manual atau menggunakan tangan.
  7. Perhatikan batasan temperatur atau suhu tempat penyimpanan webbing sling. Webbing sling yang terbuat dari nylon harus disimpan di tempat yang bersuhu tidak lebih dari 200 derajat Fahrenheit.  Sling yang terbuat dari serat aramid harus disimpan di tempat yang bersuhu tidak lebih dari 320 derajat Fahrenheit.
  8. Lakukan pemerikasaan atau inspeksi secara berkala. Waktu inspeksi dapat diatur setahun sekali, per empat bulan, setiap bulan atau sesuai rekomendasi dari ahlinya. Kondisi webbing sling harus tercatat atau terdokumentasi dengan lengkap dan jelas setiap kali inspeksi dilakukan.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor webbing sling dan peralatan teknik lainnya seperti wire rope serta rantai baja dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.