0
  CONTACT US by WHATSAPP
Menjual Survival Whistle
19
Oct
Menjual Survival Whistle, Apa Fungsinya?
Oct 19, 2017By Velasco

Bekerja di industri lifting, oil & gas, mining dan logging memiliki resiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Untuk itu alat-alat safety wajib dimiliki dan dikenakan oleh para pekerja. Salah satu alat safety yang cukup sederhana adalah survival whistle. PT Velasco Indonesia Persada menjual survival whistle untuk kebutuhan keselamatan kerja Anda. Mengenai apa fungsi survival whistle akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Menjual Survival Whistle

Survival whistle, atau lebih dikenal dengan peluit, merupakan sebuah alat kecil yang dapat menghasilkan bunyi apabila ditiup. Dalam keadaan darurat, survival whistle sangat berguna untuk memanggil bantuan.

Dulunya peluit dipakai dengan menggunakan bahan-bahan dari alam seperti pucuk biji acorn atau dua bilah tanaman papirus, bahkan ada juga yang menggunakan tulang atau kayu menjadi peluit. Sementara peluit modern yang sering kita lihat sekarang ini diawali dari Joseph Hudson sebagai penemu peluit dengan biji (pea whistle) yang mematenkan karyanya, dan digunakan sebagai contoh untuk peluit-peluit modern. Selain pea whistle, juga ada pealess whistle yaitu peluit tanpa bola atau biji.

Selain sebagai alat untuk survival, beberapa fungsi lain peluit adalah untuk kegiatan olahraga, juga sebagai alat komunikasi di berbagai bidang pekerjaan seperti pada kereta api, kepolisian, militer, dan masih banyak lagi.

Meskipun sederhana, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih survival whistle agar tidak mudah rusak. Pertama, bunyinya harus keras. Pastikan peluit tersebut dapat menghasilkan bunyi yang keras tanpa harus mengeluarkan banyak energi saat meniupnya. Kedua, perhatikan bahan peluit dan pilih bahan yang tahan banting dan tahan terhadap berbagai cuaca. Misalnya jangan memilih peluit dari bahan logam, sebab dalam kondisi dingin, peluit juga akan menjadi sangat dingin saat digunakan. Belum lagi terdapat resiko karatan yang bisa merusak peluit tersebut. Ketiga, pilih peluit jenis pealess. Karena peluit jenis pea whistle lebih rentan rusak apabila bijinya tersangkut kotoran. Terakhir, pilih peluit dengan warna yang terang mencolok, hal ini diperlukan agar mudah menemukan peluit dalam keadaan gelap sekalipun.

Demikian beberapa fungsi survival whistle dan tips-tips saat membelinya. Sebagai tambahan pengetahun, berikut ini kami sertakan video mengenai praktek sandi morse dengan menggunakan peluit.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor peralatan teknik dengan pelayanan terbaik, kami juga menjual survival whistle untuk kebutuhan Anda. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.