0
  CONTACT US by WHATSAPP
pelaut
22
Aug
Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Pelaut?
Aug 22, 2016By Velasco Indonesia

PELAUT/SEAFARERS adalah julukan untuk orang yang bekerja di lautan atau samudra. Menjadi pelaut tidaklah instan, banyak yang harus dilakukan. Untuk menjadi seorang pelaut ada 2 jalur. Bisa lewat jalur akademis maupun jalur umum. Disini saya akan membahas tentang lewat jalur umum.

menjadi seorang pelaut

  1. Pertama kawan-kawan yang ingin menjadi pelaut harus mempersiapkan mental dahulu. Hal ini disebabkan karena dilaut kita akan jauh dari keluarga, dan bagi yang sudah berkeluarga tentunya harus jauh dari anak istri.
  2. Kedua kita harus mempersiapkan sertifikat-sertifikat kepelautan yang diakui INTERNATIONAL MARITIME ORGANISATION (IMO). Memiliki sertifikat lengkap adalah suatu keharusan jika Anda ingin bekerja sebagai seorang pelaut.
  3. Kebanyakan orang mempunyai sertifikat lengkap tetapi mereka tidak juga naik kapal. Faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini adalah kurangnya hubungan kepada kawan-kawan pelaut. Kita bisa mencari relasi lewat forum-forum grup yang ada di media sosial. Banyak kawan kita yang mengandalkan broker dan memilih cara instan. Maka dari itu, saya mohon untuk para kawan-kawan pelaut marilah kita kompak dan bergaul agar banyak kenalan dan dapat saling membantu kawan yang ingin menjadi seorang pelaut.
  4. Keempat, mari kita dalami bahasa inggris, karena banyak kawan pelaut kita yang bekerja dikapal asing, mereka harus bersaing dengan pelaut dari banyak negara lain. Pelaut dari negara kita terkenal dengan kelebihan cepat menguasai teknik dan keterampilan, namun kalah dibahasa. Jika bahasa inggris kita lancar dan di bekali pengalaman yang ada, saya yakin kita cepat di panggil untuk bergabung.
  5. Kelima: tidak menyerah untuk mencari info-info job, menyebarkan CV, mencari pengalaman di kapal walaupun digaji sedikit. mendatangi kantor-kantor crewing atau agency. dan yang paling penting adalah SABAR, karena sekarang susah untuk bisa masuk diperusahaan yang bonafide, serta sabar jika dihadapkan dengan kebijakan sertifikat yang sering berubah-ubah sehingga kita harus merogoh kocek lagi, dan juga tidak sedikit jumlahnya.

Jadi, untuk anda sekalian yang tertarik untuk menjadi seorang pelaut atau bekerja di lautan, lima hal diatas adalah hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pelaut. Harus diingat bahwa menjadi seorang pelaut tidaklah mudah. Jika lima hal diatas terpenuhi, pastinya menjadi pelaut bukan hanya mimpi untuk Anda.