0
  CONTACT US by WHATSAPP
Menghindari Karat
23
Mar
Menghindari Karat pada Kapal dengan Zinc Anode
Mar 23, 2018By Velasco

Hingga saat ini besi dan baja masih digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan kapal. Besi dan baja sangat reaktif dan sangat mudah terkena korosi air laut. Korosi yang disebabkan oleh air laut merupakan salah satu sumber kerusakan terbesar pada pelat kapal yang terbuat dari besi dan baja. Untuk itu perlu dipahami mengenai cara menghindari karat pada kapal.

Jual Zinc Anode

Sesuai dengan konstruksinya, pelat lambung kapal merupakan daerah yang pertama dan paling banyak terkena air laut. Akibat dari korosi pada pelat lambung kapal adalah berkurangnya kekuatan dan umur pakai kapal. Selain itu laju kapal juga melambat dan menjadi sebab dari menurunnya jaminan keselamatan penumpang, awak kapal, serta muatan barang.

Kita dapat menghindari karat pada kapal dengan teknik sacrificial anode. Caranya yaitu dengan menghubungan anoda ke struktur kapal dengan tujuan melindungi logam tersebut terhadap korosi. Logam murni yang aktif misalnya zinc, magnesium, atau alumunium alloy sering digunakan sebagai sacrificial anode. Namun yang paling sering digunakan untuk menghindari karat pada kapal adalah zinc anode.

Zinc anode sebagai anoda yang berkorban (atau sacrificial anode) bekerja dengan mengorbankan permukaannya yang memiliki banyak partikel elektronegatif untuk bereaksi. Reaksi tersebut akan menciptakan sel galvanis yang kemudian menghabiskan anoda sehingga logam yang dilindungi tetap utuh dan tidak mengalami karat.

Penggunaan sacrificial anode biasanya dilakukan dengan memproduksi anoda bersamaan dengan kawat timah atau tali gipsum untuk kemudian disambungkan dengan logam yang akan dilindungi. Untuk anoda dengan tali atau pegangan gipsum, dapat dilas ke logam yang dilindungi atau juga dapat digunakan sebagai bagian dari anoda itu sendiri.

Untuk dapat memaksimalkan fungsi perlindungan terhadap karat, maka penggunaan zinc anode harus diperiksa secara berkala serta diganti saat hendak habis. Serta yang tak kalah penting adalah pastikan Anda membeli zinc anode dari distributor yang terpercaya agar kualitasnya terjamin.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami merupakan distributor zinc anode berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga menjual kebutuhan industri lainnya seperti chain, wire rope, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.