0
  CONTACT US by WHATSAPP
Telepon Satelit
22
May
Mengenal Telepon Satelit untuk Kapal
May 22, 2019By Velasco

Setiap kapal wajib memiliki alat komunikasi yang mumpuni. Tujuannya adalah agar dapat berkomunikasi dengan kapal lain, maupun dengan daratan. Terdapat beberapa alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di laut lepas. Salah satunya adalah telepon satelit. PT Velasco Indonesia Persada jual telepon satelit khusus untuk kapal laut.

Telepon satelit adalah telepon yang beroperasi dengan menggunakan jaringan satelit. Berbeda dengan telepon seluler pada umumnya yang menempatkan base transceiver station (BTS) nya di darat, telepon satelit menempatkan BTS-nya di langit. Hal ini membuat telepon jenis ini memiliki jangkauan luas yang dapat digunakan di pegunungan, laut lepas atau di pedalaman.

Ada dua jenis sistem jaringan pada telepon satelit. Pertama adalah Geosynchronus (Geosync / GEO), yaitu sistem jaringan di mana posisi satelit diam di satu tempat, hanya bergerak mengikuti putaran bumi. Satelit dengan sistem ini berada di ketinggian mencapai 30.000 km dari permukaan bumi. Posisinya yang tinggi ini membuat GEO dapat menjangkau area yang luas. Bahkan hanya dengan tiga atau empat satelit saja, GEO sudah sanggup mencakup seluruh dunia.

Kedua adalah Low Earth Orbit (LEO), yaitu sistem jaringan di ketinggian rendah, hanya 600 – 1.100 km di atas permukaan bumi. Karena ketinggiannya lebih rendah, maka jangkauannya pun tidak terlalu seluas jaringan GEO.

Cara kerja alat ini adalah dengan melakukan panggilan yang diteruskan ke satelit di langit. Lalu satelit tersebut akan meneruskan panggilan itu ke mesin penerima di darat melalui gateway. Gateway ini melanjutkan panggilan hingga ke lokasi penerima. Apabila lokasi penerima tidak ditemukan oleh gateway, maka gateway akan mengirimkan panggilan itu kembali ke satelit untuk kemudian diteruskan ke gateway lain yang mampu menjangkau lokasi penerima.

Biaya pemakaian telepon jenis ini memang lebih mahal ketimbang telepon selular biasa, namun jangan khawatir karena telepon satelit untuk kapal dengan harga murah dapat Anda pesan di PT Velasco Indonesia Persada. Kami jual telepon satelit merk Thuraya dan Inmarsat.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor telepon satelit berkualitas. Kami juga jual alat komunikasi kapal lainnya seperti marine intercom, lampu sorot, dll. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.