0
Propulsi Listrik Pada Kapal
09
Feb
Mengenal Sistem Propulsi Listrik pada Kapal
Feb 09, 2018By Velasco

Sebuah kapal seperti rumah bagi orang-orang yang berada di dalamnya. Selain bekerja untuk memastikan kapal berlayar dengan baik dan benar, orang-orang di kapal juga melakukan banyak aktivitas selayaknya di rumah sendiri. Penyokong utama aktivitas di kapal adalah listrik. Untuk itu, perlu dipahami mengenai sistem propulsi listrik pada kapal.

Propulsi Listrik Pada Kapal

Pada umumnya, daya listrik pada sebuah kapal dihasilkan oleh penggerak utama dan alternator. Keduanya bekerja secara bersamaan, oleh karenanya digunakanlah generator arus bolak-balik. Secara elektro mekanik, dasar prinsip kerja sebuah generator yaitu bahwa pada saat medan magnet di sekitar konduktor berubah-ubah atau bervariasi, maka arus akan terinduksi dalam konduktor.

Sebuah generator tersusun dari satu set stasioner konduktor yang dililitkan di sebuah koil atau gulungan pada sebuah inti besi. Rangkaian tersebut dikenal dengan strator. Rotor atau sebuah magnet berputar, bekerja dengan cara berputar di dalam strator untuk menghasilkan medan magnet. Medan magnet tersebut melintasi konduktor dan menghasilkan gaya elektromagnetik sebab input mekanis menyebabkan rotor tersebut berputar.

Daya listrik pada kapal sebaiknya terdistribusi secara efisien ke semua komponen kapal yang membutuhkannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem distribusi daya listrik. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen berbeda yang berfungsi untuk pendistribusian daya listrik dan suatu sistem operasi yang aman. Komponen-komponen dalam sistem ini antara lain:
– Generator kapal yang terdiri dari alternator dan penggerak utama.
– Bus Bar yang berfungsi sebagai penghantar dan mengatur pembagian beban daya listrik dari satu titik ke titik lainnya.
– Transformer yang berfungsi untuk menaikan atau menurukan daya listrik.
– Kapasitas daya listrik yang biasanya digunakan dalam sistem distribusi yaitu sebesar 440 V.
– Untuk instalasi yang besar kadang membutuhkan daya sebesar 660 V.
– Daya dengan voltase yang tinggi dipasok melalui pemutus arus atau circuit breaker ke mesin bantu tambahan.
– Circuit breaker berukuran kecil digunakan untuk sekring suplai yang lebih kecil.
– Sistem distribusi menggunakan tiga kabel yang dapat diisolasi atau dapat dibumikan (ground) secara netral.

Setelah mengenal sistem propulsi listrik pada kapal, silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor industrial power product berkualitas seperti alternator, power tools, dan electro motor. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.