0
Mengenal Marine Radar
04
Nov
Mengenal Marine Radar Lebih Dekat
Nov 04, 2017By Velasco

Radar merupakan perangkat yang ada di hampir semua kapal. Radar digunakan untuk membantu navigasi kapal, tepatnya untuk melakukan identifying, tracking (Automatic Radar Plotting Aid atau ARPA) dan positioning sebuah kapal. Mari mengenal marine radar secara lebih detail melalui artikel ini.

Berdasarkan frekuensi yang digunakan, marine radar diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu radar yang beroperasi di frekuensi X-band (10 GHz) dan radar yang beroperasi di frekuensi S-band (3 GHz). Radar X-band (frekuensi tinggi) digunakan untuk memperoleh gambar yang tajam dengan resolusi tinggi. Radar S-band digunakan untuk identifikasi dan tracking khususnya pada saat hujan, badai atau berkabut.

Mengenal Marine Radar

Cara kerja marine radar secara garis besar adalah sebagai berikut:
• Antena parabola radar mengirimkan dan menerima sinyal elektromagnetik. Sinyal akan dipantulkan oleh benda-benda dalam jangkauan radar dan akan tergambar di Plan Position Indicator (PPI).
• Frekuensi dan waktu yang dibutuhkan gelombang untuk kembali (refleksi) ke penerima radar, digunakan untuk mengetahui apakah rute kapal dapat dilanjutkan atatu tidak.
• Pada PPI, pantulan gelombang akan terlihat sehingga jarak antara kapal dengan benda yang tergambarkan dapat diidentifikasi dengan mudah.

Sementara fungsi marine radar adalah sebagai berikut:
1. Menghitung jarak target tujuan, selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan kecepatan, arah, dll.
2. Berintegrasi dengan perangkat lainnya di kapal untuk menyajikan data yang akurat.
3. Menavigasi dan mengarahkan kapal agar terhindar dari tabrakan.
4. Memberitahu posisi kapal dengan lebih tepat jika dibandingkan dengan menggunakan petunjuk di daratan seperti mercusuar, pelampung, dll.
5. Membedakan target tujuan di area padat traffic.
6. Membaca cuaca.
7. Digunakan oleh Vessel Traffic Service (VTS) untuk mengontrol traffic kapal.
8. Penggunaan fitur-fitur tambahan seperti parallel indexing untuk memastikan keselamatan pelayaran.
9. Mengurangi beban kerja Office on Watch (OOW) di kapal.

Marine radar memilik cakupan yang luas untuk dapat dipelajari. Sebagai OOW, penting untuk mempelajari radar secara menyeluruh, mencakup cara mengoperasikannya dan fitur-fitur yang dimiliki. Salah satu hal penting tentang marine radar yaitu penggunaan monitor atau layar tampilan untuk mengetahui posisi objek secara jelas. Layar tampilan yang digunakan dapat berupa layar LED atau monochrome.

Setelah mengenal marine radar dengan baik, maka kini saatnya memilih marine radar yang baik dan berkualitas. PT Velasco Indonesia Persada menyediakan marine radar terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor marine radar dan peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.