0
  CONTACT US by WHATSAPP
Konstruksi Kawat Baja
09
Sep
Mengenal Konstruksi Kawat Baja
Sep 09, 2018By Velasco

Kawat baja merupakan alat yang berbentuk tali dan terbuat dari baja. Bukan sembarang baja, setiap kawat baja memiliki konstruksi kawat baja yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Kawat baja sering juga disebut dengan wire rope. PT Velasco Indonesia Persada jual kawat baja berkualitas dengan pelayanan terbaik.

Konstruksi kawat baja terdiri dari tiga komponen utama yaitu wire, strand dan core. Wire adalah untaian atau helai kawat baja. Strand adalah kumpulan dari wire yang kemudian dipilin sedemikian rupa dan bersatu dengan strand-strand yang lain untuk mengelilingi sebuah core. Core adalah poros atau pusat dari kawat baja. Core itu sendiri terbuat dari baja dengan ukuran yang lebih besar dari wire. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menengok ilustrasi berikut di bawah ini.

Konstruksi Wire Rope

Seperti dijelaskan pada paragraf pertama, konstruksi kawat baja dapat berbeda antara kawat baja yang satu dengan yang lain. Hal ini disebabkan karena setiap kawat baja memiliki fungsi dan kekuatan yang berbeda-beda, sementara pengguna kawat baja juga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, misalnya kawat baja yang digunakan untuk mengangkut cargo, memiliki perbedaan dengan kawat baja yang digunakan untuk mengangkut lift.

Letak perbedaan konstruksi kawat baja tersebut terletak pada ukuran dan bentuk pilinannya. Secara umum, bentuk konstruksi kawat baja dibedakan menjadi tiga, yaitu: general purpose, elevator, dan high performance. Perbedaan ketiga jenis konstruksi kawat baja tersebut dapat dilihat di bawah ini.

Konstruksi Wire Rope

Kawat baja general purpose merupakan kawat baja yang paling banyak digunakan. Kawat baja jenis ini biasanya dipakai pada aplikasi lifting, towing, lashing, dan lain sebagainya.

Kawat baja elevator adalah kawat baja yang khusus dirancang untuk digunakan di elevator atau lift. Bentuk pilinannya berbeda dengan kawat baja general purpose.

Kawat baja high performance merupakan kawat baja khusus yang berbeda dari lainnya. Tidak hanya dari segi bentuk pilinan dan jumlah strand, kawat baja high performance juga berbeda karena kawat baja ini melewati proses press, atau sering disebut dengan istilah compacted. Tujuan dari proses ini adalah agar ukuran kawat baja lebih kecil, namun tidak mengurangi kekuatan yang sebenarnya.

Anda pasti tidak mau bekerjasama dengan distributor yang belum ahli untuk berdiskusi mengenai wire rope, carilah distributor wire rope terbaik. Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai jenis wire rope berkualitas. Selain itu kami juga menyediakan alat rigging, dan masih banyak lagi. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.