0
  CONTACT US by WHATSAPP
Kenter Jangkar
17
Jun
Mengenal Apa Itu Kenter Jangkar
Jun 17, 2019By Velasco

Jangkar merupakan salah satu alat kapal yang wajib dimiliki setiap kapal. Bukan saja kapal berukuran besar, perahu kecil pun wajib memiliki jangkar meskipun bentuknya sederhana. Kapal berukuran besar seperti kapal tanker memiliki jangkar yang besar dan kompleks. Lebih kompleks sebab jangkar pada kapal besar memiliki beberapa bagian atau aksesoris rantai jangkar. Bagian-bagian atau aksesoris dari jangkar yaitu kenter jangkar, joining shackle, kili-kili atau swivel, dan anchor shackle.

Tulisan ini akan membahas sepintas tentang kenter jangkar. Alat ini berbentuk seperti mata rantai jangkar. Bagian tengahnya dapat dilepas. Kenter jangkar memiliki fungsi sebagai penghubung atau penyatu dua buah rantai. Saat dibutuhkan rantai dengan length yang panjang, beberapa length rantai dapat disatukan dengan menggunakan alat ini. Dengan demikian dapat diperoleh rangkaian rantai jangkar dengan panjang yang sesuai kebutuhan.

Pada umumnya ada dua jenis rantai jangkar yaitu common link dan end link. Kenter jangkar digunakan untuk menghubungkan rantai jangkar yang berjenis jenis common link. Jika diperhatikan, bentuk alat ini serupa dengan mata rantai jangkar jenis common link.

Sebagai bagian yang vital dari jangkar kapal, alat yang satu ini sebaiknya dibeli dan di-maintain dengan benar dan secara berkala. Berikut beberapa tips dalam memilih dan merawat kenter jangkar.

  1. Untuk menjaga kualitasnya, belilah kenter jangkar di distributor yang terpercaya. Dengan membeli dari distributor yang terpercaya, tipe, ukuran, standarisasi dan bahan logamnya dapat dijamin. Jaminan tersebut dapat dilihat dari sertifikasi yang dimiliki
  2. Pastikan alat yang dibeli sesuai dengan jenis atau tipe rantai jangkar kapal yang digunakan. Penggunaan yang tidak sesuai dengan tipe rantai jangkar dapat menyebabkan kerusakan atau jangkar tidak bekerja secara optimal.
  3. Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kekuatan kenter jangkar.
  4. Jika terdeteksi ada kerusakan, segera panggil teknisi untuk dilakukan langkah-langkah perbaikan, atau penggantian komponen baru.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor kenter jangkar dan peralatan teknik lainnya seperti chemical product dan accu dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.