0
  CONTACT US by WHATSAPP
GPS Navigator
09
Jun
Mengenal GPS Navigator untuk Kapal
Jun 09, 2019By Velasco

Setiap kali berkendara, dibutuhkan alat navigasi agar dapat sampai ke tujuan dengan aman, terlebih pada kapal laut. Di laut lepas, tentu nahkoda kapal akan kesulitan apabila tidak ada alat navigasi. Kalau dulu ada kompas, kini ada GPS navigator yang sangat membantu para nahkoda kapal.

Apa itu GPS navigator? GPS navigator merupakan salah satu alat navigasi, yaitu alat yang berfungsi untuk menunjukkan posisi suatu alat (dapat berupa kendaraan, atau benda apa saja) dan membantu menginformasikan arah navigasi ke tempat tujuan yang sudah ditentukan.

Alat navigasi menjadi sangat penting di kapal, sebab saat berada di laut lepas, akan sulit menentukan arah dan mengetahui posisi kapal saaat ini. Sebab laut lepas tidak seperti jalan raya di daratan yang memiliki jalur yang jelas serta banyak masyarakat yang dapat ditanya arah jalan. Di laut lepas, pergerakan kapal sangat membutuhkan alat navigasi.

Alat navigasi masa kini menggunakan sistem GPS atau global positioning system. GPS adalah sistem navigasi berbasis satelit. Sistem satelit pada GPS bekerja dengan menggunakan 24 satelit, semua satelit tersebut mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi. Sinyal itulah yang digunakan untuk menentukan beberapa hal seperti letak, arah, kecepatan, hingga waktu. Karena itulah, dengan menggunakan GPS navigator, para nahkoda kapal akan sangat terbantu. Sebab bukan hanya mengetahui posisi dan ke arah mana kapal harus bergerak, alat ini mampu mendeteksi kecepatan hingga memperkirakan waktu tempuh untuk sampai ke tempat tujuan.

GPS navigator umumnya memiliki bentuk seperti televisi kecil dilengkapi dengan layar utama yang  menampilkan peta dan berbagai informasi lain. Di sekitar layar tersebut terdapat beberapa tombol untuk mengatur tampilan layar.

Setiap jenis alat transportasi memiliki GPS navigator dengan spesifikasi masing-masing. Misalnya GPS navigator untuk kapal akan tidak cocok digunakan di darat atau di udara, begitu pula sebaliknya. Ada beberapa merk berkualitas yang memproduksi alat ini. Misalnya adalah Garmin dan Furuno. Kedua merk ini telah terpercaya pada bidang navigasi kapal selama puluhan tahun.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual GPS navigator dan alat navigasi kapal lainnya seperti marine radar, SART, dll, dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.