0
  CONTACT US by WHATSAPP
Penyebab Kebakaran
15
Dec
Mengenal Berbagai Penyebab Kebakaran
Dec 15, 2018By Velasco

Pada umumnya, kita dapat melakukan banyak hal untuk mencegah kebakaran terjadi. Salah satunya adalah dengan mengenal berbagai macam penyebab kebakaran. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kebakaran, mari kita pelajari lebih lanjut.

Pada dasarnya, di mana ada api, di situ sudah ada potensi kebakaran. Ketika api tersebut menyentuh benda lain yang tidak semestinya, maka kebakaran dapat terjadi dan menyebar. Dalam dunia pemadam kebakaran, semua benda penyebab kebakaran tersebut diklasifikasi menjadi 5 kelas berikut ini:

  1. Kebakaran kelas A: disebabkan oleh bahan padat non-logam, contohnya adalah kertas, plastik, kain, kayu, karet, dll.
  2. Kebakaran kelas B: disebabkan oleh bahan cair mudah terbakar, misalnya minyak, alkohol, methanol, dll.
  3. Kebakaran kelas C: disebabkan karena instalasi listrik bertegangan.
  4. Kebakaran kelas D: disebabkan oleh bahan logam mudah terbakar, seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium, potasium.
  5. Kebakaran kelas K: disebabkan karena minyak saat masak, contohnya minyak sayur atau minyak hewan, atau lemak.

Penyebab kebakaran terbagi menjadi 5 bukan tanpa alasan. Pengklasifikasian tersebut berguna untuk membantu petugas damkar mengetahui bagaimana cara mengatasinya, termasuk menentukan alat apa yang sebaiknya digunakan.

Pada saat api masih kecil dan belum menjadi kebakaran besar, digunakan alat pemadam kebakaran ringan atau APAR untuk memadamkan api. APAR terbagi menjadi beberapa jenis disesuaikan dengan penyebab terjadinya kebakaran. Berikut ini beberapa jenis APAR dan kegunaannya untuk jenis penyebab kebakaran tertentu:

  1. APAR dengan cairan atau air: untuk memadamkan api kelas A.
  2. APAR dengan dry chemical powder atau serbuk kimia kering: untuk memadamkan kebakaran kelas A, B dan C.
  3. APAR dengan karbon diaksoda (Co2): untuk memadamkan kebakaran kelas B dan C.
  4. APAR dengan foam AFFF atau cairan busa: untuk memadamkan kebakaran kelas A dan B.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyebab kebakaran adalah ketika sumber api bertemu dengan berbagai material yang tidak semestinya. Untuk itu kebakaran dapat dicegah dengan cara menghindari api dari berbagai hal yang dapat membuatnya terbakar dan menyebar. Sesaat setelah kebakaran terjadi, tindakan cepat harus dilakukan, yaitu dengan memadamkannya menggunakan APAR, sebelum api tersebut keburu melebar.

Silahkan kontak kami, PT Velasco Indonesia Persada, kami jual APAR berkualitas dan peralatan pemadam kebakaran lainnya seperti fire blanket dan fire hose. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.