0
  CONTACT US by WHATSAPP
12
Jan
Memilih Baju Memancing yang Nyaman
Jan 12, 2017By Velasco Indonesia

Memancing, apalagi untuk kategori sport fishing adalah aktifitas yang cukup menguras energi. Saat ratusan kali melakukan cast dan retrieve di bawah sorotan sinar matahari yang terik, membuat ribuan kalori dikeluarkan hingga tubuh pun bercucuran keringat. karena itu memilih baju memancing sangat penting.

Saat menjalani hobi semacam ini, sudah sepatutnya kita memberi perhatian serius pada apparel yang digunakan. Mulai dari celana hingga baju, selayaknya menggunakan barang-barang yang benar, baik dari segi fungsi maupun kualitasnya. Ketepatan dalam memilih baju memancing, akan membuat seorang angler merasa aman, nyaman dan sehat. Berikut di bawah ini tips-tips memilih baju memancing yang tepat untuk mancing:

memilih baju memancing

1. Pilih bahan kaos yang menyerap keringat

Bahan pakaian yang cocok untuk mancing adalah bahan yang mampu menyerap keringat dalam jumlah banyak. Diantara beberapa pilihan yang ada, kaos berbahan dasar kapas (cotton), sangat dianjurkan untuk kegiatan yang menimbulkan keringat.

Bahan cotton memiliki pori-pori yang cukup besar dan elastis, sehingga memungkinkan aliran udara masuk dan keluar. Serat bahan ini juga bersifat  dapat menyerap keringat secara maksimal. Karena sifatnya yang alami pula, membuatnya tak menimbulkan alergi bagi beberapa orang yang punya masalah kepekaan kulit.

Karakter yang paling disukai dari kaos cotton adalah memberikan rasa sejuk saat cuaca panas dan hangat ketika udara dingin. Karena itu tak heran jika tanaman kapas yang jadi bahan baku utama kaos cotton yang mulai dibudidayakan sejak 4000 tahun sebelum masehi ini, paling banyak digunakan manusia di seluruh dunia, baik beriklim tropis maupun subtropis.

2. Gunakan ukuran yang pas untuk tubuh

Pakaian yang terlalu ketat atau longgar hanyalah akan membuat kita merasa risih tak nyaman. Selain membahayakan jika tersangkut kail atau benda lainnya, fungsi pakaian untuk melindungi tubuh dari matahari dan keringat juga berkurang.

Sebelum membeli apparel mancing, alangkah baiknya jika kita mencobanya terlebih dahulu. Apakah pas, kekecilan, atau terlalu besar. Pasalnya kadangkala tiap merk punya size yang berbeda, apalagi kaos tersebut merupakan barang import misalnya. Jika membelinya lewat layanan online, mintalah size chart yang menunjukkan panjang dan lebar pakaian dalam satuan centimeter.

3. Sesuaikan pakaian dengan cuaca

Memancing di udara terbuka tentu punya resiko kesehatan – khususnya jika dilakukan dalam cuaca dingin atau malam hari. Karena itu siapkan juga jaket jenis wind breaker (Jaket anti angin). Selain dapat menghangatkan tubuh, juga melindungi tubuh dari terpaan angin.

4. Pilih warna kesukaan

Tiap warna yang ada di dunia punya fungsi psikologis. Merah misalnya, yang memberikan efek hasrat intensitas, keinginan menang, dan lainnya. Atau kuning misalnya, yang memberi kesan semangat, ceria, dan harapan. Dari penjabaran teori psikologi warna dari para ahli, maka menjadi penting untuk menggunakan pakaian dengan warna kesukaan saat berangkat mancing. Hal ini akan menstimulasi semangat dan memberi sugesti lebih untuk kesuksesan memancing.

5. Gunakan kaos berkualitas

Saat memancing seringkali kita dihadapkan dengan kondisi serba darurat. Tidur di lantai kapal, bersandar di batu karang atau pepohonan. Hal ini mengharuskan kita menggunakan pakaian yang berkualitas. Apa jadinya jika sekali saja pakaian kita bergesekan dengan karang atau pepohonan langsung robek, tentunya akan sangat mengganggu dan merugikan.

Karena itu pastikan pakaian yang kita gunakan punya mutu yang baik secara material dan kekuatan jahitannya.