0
  CONTACT US by WHATSAPP
13
Jul
Memahami Kapasitas Webbing Sling
Jul 13, 2018By Velasco

Webbing merupakan anyaman benang yang dibentuk menjadi sebuah sabuk. Bahan anyamannya beragam, antara lain nylon, polyester, polypropylene, aramid polyamide, dan lain sebagainya. Sementara webbing sling adalah webbing yang pada bagian ujungnya dibentuk mata kait. Webbing sling biasanya digunakan pada aplikasi lashing (mengikat barang) dan lifting (mengangkat barang). Penting untuk memahami kapasitas webbing sling sebelum menggunakannya.

Webbing itu sendiri memiliki dua jenis berdasarkan jahitannya. Pertama adalah webbing dengan jahitan pipih dan webbing dengan jahitan tabung. Sementara webbing sling memiliki dua jenis berdasarkan bentuk rangkaiannya. Pertama adalah eye to eye webbing sling, kedua adalah round webbing sling.

Webbing sling biasanya digunakan untuk aplikasi mengangkat, menarik dan mengikat barang. Sebelum menggunakan webbing sling, perhatikan terlebih dahulu kapasitas angkut yang dimiliki webbing sling tersebut. Karena apabila webbing sling digunakan untuk mengangkat barang yang melebihi kapasitasnya, maka webbing sling tersebut akan mudah rusak. Kalau sudah demikian, barang yang diangkut juga berpotensi rusak, dan membahayakan pekerja. Tentu ini akan sangat merugikan.

Kekuatan webbing sling untuk mengangkat barang dapat ditentukan oleh beberapa hal. Pertama adalah warna webbing sling. Setiap warna memiliki kapasitasnya masing-masing. Pada bagian badan webbing sling juga terdapat jahitan garis hitam yang menunjukkan kapasitas yang dapat diangkutnya. Selain warna dan jumlah jahitan garis hitam pada badan webbing sling, cara kita memasang webbing sling juga mempengaruhi kapasitas yang dapat diangkut. Berbagai metode pemasangan webbing sling beserta kapasitasnya masing-masing dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Webbing Sling Capacity

Pastikan untuk memahami kapasitas webbing sling terlebih dahulu sebelum menggunakan webbing sling. Biasanya terdapat panduan pemakaian pada setiap kemasan saat pertama kali membeli webbing sling. Setelah menggunakan webbing sling, pastikan juga untuk merawatnya dengan baik. Karena umur webbing sling bergantug pada cara kita merawatnya. Semakin dirawat dengan baik, maka umurnya dapat semakin panjang.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual webbing sling dengan kualitas terbaik. Selain itu kami juga jual wire rope dan tali tambang untuk kebutuhan lashing, towing dan lifting.  Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.