0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Kerja Telepon Satelit
20
Sep
Memahami Cara Kerja Telepon Satelit
Sep 20, 2019By Velasco

Telepon satelit atau sering disebut juga dengan terminal satelit adalah telepon bergerak (mobile phone) yang terhubung dengan telepon lainnya melalui media gelombang frekuensi yang dipantulkan oleh satelit. Mari bersama-sama kita memahami cara kerja telepon satelit melalui artikel ini.

Cara Kerja Telepon Satelit

Cara kerja alat ini sebenarnya sederhana, namun dibutuhkan perangkat yang canggih. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, telepon satelit bekerja dengan menghubungkan alat komunikasi (telepon) pengirim dengan satelit, kemudian satelit tersebut akan menghantarkan pesan tersebut ke telepon penerima, begitu pula sebaliknya, sehingga kedua telepon dapat saling berkomunikasi.

Pada prakteknya, telepon satelit bekerja dengan dua jenis satelit, yaitu Satelit Orbit Tinggi Geostationer (High Earth Orbit atau GEO) dan Satelit Orbit Rendah (Low Earth Orbit atau LEO). Telepon satelit dapat bekerja baik pada sistem satelit GEO maupun pada sistem satelit LEO. Penggunaan sistem teknologi yang berbeda ini bergantung pada kebutuhan lembaga atau perusahaan penyelenggara jasa satelit. Kedua sistem teknologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Satelit GEO

Satelit GEO memiliki orbit di ketinggian sekitar 22.000 mil atau 35.000 km di atas permukaan bumi. Satelit ini berputar bersama rotasi bumi sehingga memiliki posisi yang tetap jika diperhatikan dari permukaan bumi. Telepon satelit yang menggunakan sistem ini memiliki daerah cakupan operasi (coverage area) yang luas.

Untuk dapat mencakup seluruh wilayah bumi, hanya dibutuhkan 3 sampai 4 satelit saja sehingga menghemat biaya peluncuran satelit. Namun, orbit yang tinggi menyebabkan delay yang tinggi yaitu sebesar 250 ms. Sistem ini juga rentan di daerah-daerah yang berkontur tidak rata seperti di lembah yang dikelilingi oleh pegunungan.

Satelit LEO

Satelit LEO memiliki orbit di ketinggian sekitar 930 mil atau 1.500 km. Satelit ini lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan satelit GEO. daerah cakupan satelit ini tidak sebesar satelit GEO. Untuk mencakup seluruh permukaan bumi dibutuhkan sekitar 60 buah satelit. Namun demikian satelit LEO memiliki kualitas pertukaran informasi yang lebih baik sebab waktu delay hanya 50 ms.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor telepon satelit dan peralatan navigasi serta komunikasi lainnya seperti marine radar atau ada juga marine intercom. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.