0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Kerja GPS
18
Sep
Memahami Bagaimana Cara Kerja GPS
Sep 18, 2019By Velasco

GPS adalah kependekan dari istilah Global Positioning System, yaitu sebuah sistem navigasi berbasis satelit yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi di manapun di bumi. Sistem ini dikenal juga dengan nama Satellite Timing and Ranging Global Positioning System (NAVSTAR GPS). Sistem ini merupakan bentuk dan bagian utama dari GNSS (Global Navigation Satellite System) yang dipakai sebagai sistem navigasi untuk berbagai kebutuhan seperti di kemaritiman, transportasi udara, pertahanan dan lain-lain. Yuk kita pelajari seperti apa cara kerja GPS.

Secara garis besar, sistem GPS terdiri dari satelit, stasiun kontrol dan monitor, serta penerima (receiver). Jumlah satelit GPS yang dioperasikan untuk mencakup seluruh bumi ada 24 satelit. Satelit-satelit tersebut memiliki orbit di ketinggian antara 2.000 km hingga 35.786 km atau disebut dengan MEO (Medium Earth Orbit). Satelit-satelit itu dilengkapi dengan atomic clock dan radio transceiver. Keduanya berfungsi untuk mengirim sinyal yang berisi informasi lokasi, waktu dan informasi lainnya.

Cara Kerja GPS

Perangkat penerima (GPS receiver) memperoleh informasi lokasi dari data yang ditransmisikan oleh satelit yang diperoleh dari perhitungan triangulasi. Perangkat penerima dapat memberi informasi lokasi atau posisinya sendiri dengan menggunakan data yang telah disimpannya yang dibandingkan dengan data dari 3 atau lebih satelit GPS lainnya.

Untuk memperoleh lokasi suatu tempat penerima, harus diketahui jarak antara penerima dengan satelit GPS. Penerima mengirimkan sinyal ke setiap satelit, sinyal tersebut dikirimkan dengan kecepatan tertentu. Sistem menghitung waktu tunda atau time delay antara waktu kirim dan waktu terima sinyal tersebut. Sinyal-sinyal itu berisi informasi lokasi satelit.

Dalam menentukan posisi, arah, dan jarak dibutuhkan setidaknya 3 satelit untuk meningkatkan akurasi dan menghindari kesalahan informasi. Penerima kemudian menghitung posisi dengan menggunakan sistem perhitungan trilaterasi. Penerima akan memplot posisi berdasarkan data dari ketiga satelit tersebut dalam bentuk posisi atau peta 2D (2 dimensi). Untuk memplot posisi dalam bentuk 3D, dibutuhkan lebih dari 3 satelit sebagai pemberi data.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor GPS dan peralatan teknik lainnya seperti electro motor, atau ada juga alternator. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.