0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis APAR
27
Oct
Macam-macam Jenis APAR dan Fungsinya
Oct 27, 2018By Velasco

Saat butuh baru dicari. Demikianlah nasib alat pemadam kebakaran. Salah satu alat pemadam kebakaran yang sering kita temui adalah APAR, singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan. Alat ini harus ada pada setiap gedung dan alat transportasi seperti kapal, bus, kereta, dll. Belum punya APAR pada gedung Anda? PT Velasco Indonesia Persada jual bermacam-macam jenis APAR dengan kualitas terbaik.

Seperti namanya, APAR hanya digunakan untuk memadamkan api ringan. APAR digunakan untuk mencegah agar api tidak meluas ke area lain. Bentuknya terdiri dari tabung merah dengan tuas pengontrol di bagian atasnya serta selang untuk mengarahkan isi tabung ke sumber api. Dengan bentuk yang sederhana ini, APAR juga disebut dengan portable fire extinguisher cylinder, mudah dipindah dan dibawa ke lokasi kebakaran.

Sebelum masuk pada jenis APAR, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui tentang jenis atau kelas-kelas kebakaran. Kelas-kelas kebakaran dibedakan berdasarkan sumber apinya. Mengapa demikian? Sebab cara memadamkan api berbeda-beda tergantung pada sumber apinya.

  1. Kebakaran kelas A: yaitu kebakaran yang disebabkan oleh bahan padat non-logam, contohnya adalah kertas, plastik, kain, kayu, karet, dll.
  2. Kebakaran kelas B: yaitu kebakaran yang diakibatkan oleh bahan cair mudah terbakar, misalnya minyak, alkohol, methanol, dll.
  3. Kebakaran kelas C: yaitu kebakaran yang terjadi karena instalasi listrik bertegangan.
  4. Kebakaran kelas D: yaitu kebakaran yang disebabkan oleh bahan logam mudah terbakar, seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium, potasium.
  5. Kebakaran kelas K: yaitu kebakaran yang timbul karena minyak saat masak, contohnya minyak sayur atau minyak hewan, atau lemak.

Berbagai jenis APAR dibedakan berdasarkan muatan di dalam tabungnya. Muatan di dalam tabung itulah yang digunakan untuk memadamkan api.

  1. APAR dengan cairan atau air

APAR jenis ini diisi dengan air bertekanan tinggi. Harganya ekonomis dan dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A. Jangan pernah menggunakan APAR ini untuk kebakaran jenis C karena akan berbahaya.

  1. APAR dengan dry chemical powder atau serbuk kimia kering.

Muatan pada tabung APAR yang satu ini berisi serbuk kimia kering, kombinasi dari fosfat mono-amonium dan ammonium sulphate. Jenis APAR ini dapat memadamkan kebakaran kelas A, B dan C. Kelemahannya, APAR ini meninggalkan residu yang merusak alat elektronik.

  1. APAR dengan karbon diaksoda (Co2).

APAR ini mengandalkan Co2 untuk memadamkan api ringan. Jenis APAR ini dapat memadamkan kebakaran kelas B dan C. Kelebihan APAR ini, kandungan Co2-nya tidak meninggalkan sisa, sehingga alat elektronik tidak rusak.

  1. APAR dengan foam AFFF atau cairan busa.

APAR yang satu ini memiliki bahan kimia yang dapat membentuk busa AFFF untuk memadamkan. AFFF adalah kependekan dari Aqueous Film Forming Foam. Cara kerjanya adalah busa ini keluar dari selang APAR dan menutupi area yang terbakar, dengan demikian mencegah oksigen masuk agar api padam. APAR jenis ini ampuh memadamkan kebakaran kelas A dan B.

Silahkan kontak kami, PT Velasco Indonesia Persada, kami jual APAR berkualitas dan peralatan pemadam kebakaran lainnya seperti fire blanket dan fire hose. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.