0
  CONTACT US by WHATSAPP
Macam-macam accu
10
May
Macam-macam Accu dan Cara Merawatnya
May 10, 2017By Velasco Indonesia

Macam-macam accu bisa ditemui karena fungsi dan kapasitasnya. Sebelum  melangkah lebih jauh pada pembahasan mengenai cara merawat, berikut beberapa fungsi aki bagi kendaraan bermotor. Pertama, aki berfungsi sebagai penyedia arus listrik, misalnya untuk menghidupkan mesin, lampu, dan penyuplai komponen elektrik lainnya. Kedua, menstabilkan tegangan listrik di ken-daraan dan mem-backup alternator apabila tidak mampu memenuhi beban listrik yang diperlukan kendaraan.

Ketiga, pada kendaraan modern, aki menyuplai energi listrik pada bagian Electric Control Unit (ECU).

jenis accu

Untuk soal perawatan aki, kita mesti mengetahui macam-macam accu , supaya tahu bagaimana cara penanganannya. Jenis aki dapat ditentukan oleh kandungan timbal (Pb) dan kalsium (ca) didalamnya. Pada aki MF (Maintenance Free), plat positif dan negatifnya menggunakan kandungan Pbca. Sedangkan aki konvensional menggunakan PbSb, atau timbal dan stibium/antimon (Sb).

Pada aki konvensional, penguapan air pada aki  jenis ini, membuatnya  membutuhkan perawatan berupa penambahan air aki secara periodik.  Sedangkan pada aki Maintenance Free  (MF), atau yang lebih sering disebut sebagai aki kering, meski pada kenyataannya aki ini menggunakan bahan gel, aki ini lebih rendah dalam hal perawatannya jika dibandingkan dengan aki konvensional. Cara kerja aki ini memungkinkan untuk memiliki laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah. Kendaraan produksi baru biasanya menggunakan aki jenis ini.

Dari macam-macam accutersebut, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk soal harga, aki konvensional jauh lebih murah ketimbang jenis  aki kering. Namun, untuk perawatannya, aki konvensional memang memerlukan ketelatenan yang lebih. Jika sama-sama dirawat dengan baik, maka aki konvensional lah yang bakal  berusia lebih panjang. Kemudian untuk jenis aki MF harganya lebih mahal, namun tak memerlukan perawatan seperti aki konvensional. Terlebih, secara dimensi, aki  MF lebih kecil tapi mampu menghasilnya daya yang lebih besar.

Velasco Indonesia menjual berbagai jenis accu berkualitas dengan harga sangat bersaing. Untuk melihat berbagai produk produk kami lainnya dapat mengunjungi website kami www.velascoindonesia.com

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi kami melalui email yang telah kami sediakan, cso@velascoindonesia.com