0
  CONTACT US by WHATSAPP
Liburan Naik Kapal
18
Dec
Liburan Naik Kapal, Perhatikan Hal Berikut Ini
Dec 18, 2019By Velasco Indonesia

Libur telah tiba! Hore hore! Bagi Anda yang hendak pergi liburan naik kapal, tingkatkanlah kewaspadaan. Sebab tentu Anda tidak ingin liburan berakhir dengan buruk akibat adanya kecelakaan kapal. Baik menggunakan kapal biasa untuk sekedar menyebrang ke Pulau Seribu, atau berlibur di atas kapal pesiar mewah, atau pulang kampung dengan kapal Pelni, terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

Persiapan Sebelum Liburan Naik Kapal

Jangan meremehkan perjalanan di atas kapal. Walau waktu tempuh sebentar, misalnya karena hanya menyebrang ke Pulau Bidadari, atau hanya melintasi Selat Sunda, namun kecelakaan tetap dapat terjadi di mana saja. Contohnya saja kecelakaan kapal Zahro Express yang terjadi saat liburan awal tahun 2017 lalu yang menewaskan belasan orang.

Nah, jadi sebelum berangkat, perhatikanlah beberapa hal ini:

  1. Cek kapal yang hendak digunakan. Tanyakanlah ke agen travel tentang kapal apa yang akan Anda naiki. Kalau memang sulit melihat langsung kapal tersebut, setidaknya Anda dapat minta foto kapalnya, atau googling tentang kapal tersebut untuk mendapatkan gambaran.
  2. Simpan barang bawaan dalam kantong plastik. Kelompokkanlah barang bawaan Anda, misalnya baju, alat mandi, makanan, dll. Masukkan barang tersebut dalam kantong plastik sesuai dengan jenisnya, setelah itu baru satukan dalam tas besar yang tinggal Anda jinjing. Siapkan juga plastik kecil untuk HP Anda, dan gunakanlah saat dalam perjalanan di kapal.

Perhatikan Hal Berikut Ini Saat Liburan Naik Kapal

Saat hari H tiba dan Anda sudah ada di atas kapal, pastikan Anda dapat melihat langsung adanya beberapa alat safety di atas kapal. Mulai dari yang sederhana seperti life jacket, life buoy, hingga yang lebih canggih seperti sekoci penyelamat atau alat pemadam kebakaran. Sesuaikanlah dengan kapal yang Anda naiki. Sebab biasanya kapal yang menyebrang ke Pulau Seribu hanya menyediakan life jacket, sementara kapal besar seperti kapal Pelni atau kapal pesiar wajib punya alat keselamatan yang lebih canggih dan lengkap.

Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas tentang di mana life jacket disimpan, atau di mana lokasi sekoci penolong. Kalau bisa duduklah di dekat alat safety tersebut agar mudah terjangkau saat dibutuhkan.

Keamanan di perjalanan saat pergi berlibur tentunya penting untuk diperhatikan, karena aman di jalan, hati lebih tenang, liburan pun menyenangkan. Selamat berlibur ya!