0
  CONTACT US by WHATSAPP
Lampu Sinyal dan Lampu Sorot pada Kapal
30
Sep
Lampu Sinyal dan Lampu Sorot pada Kapal
Sep 30, 2017By Velasco

Lampu sinyal dan lampu sorot pada kapal berlaku sebagai alat navigasi serta sebagai alat pengirim pesan kepada kapal lain atau kepada pos jaga di pinggir pantai.

Lampu Sinyal

Lampu sinyal sering juga disebut dengan Lampu Aldis, diambil dari nama sang penemu yaitu Arthur Cyril Webb Aldis. Lampu sinyal merupakan alat pengirim sinyal komunikasi optikal. Umumnya pesan yang disampaikan menggunakan kode Morse. Lampu sinyal memiliki katup buka tutup yang melekat pada bagian depan lampu, berfungsi untuk menghalangi cahaya keluar dalam sepersekian detik. Katup ini dapat diatur secara manual atau otomatis untuk menyampaikan kode Morse ke kapal lain atau ke pos di darat. Selain digunakan di kapal, lampu sinyal juga digunakan di bandara dengan ukuran yang beragam namun memiliki fungsi sama, yaitu sebagai pengirim sinyal komunikasi.

Lampu sinyal pertama kali digunakan oleh angkatan laut Inggris di akhir abad ke 19 dan masih terus digunakan hingga kini. Terdapat beberapa jenis lampu sinyal. Ada yang berukuran besar hingga diameter 50 cm dan menempel pada badan kapal, ada juga  yang lebih kecil dan portable atau dapat digenggam. Lampu sinyal sangat berguna saat radio dalam kondisi rusak, atau dilarang digunakan untuk menghindari musuh. Saat tidak digunakan untuk mengirim pesan, lampu sinyal juga bisa digunakan sebagai lampu sorot biasa.

 

Lampu Sinyal dan Lampu Sorot pada Kapal

 

Lampu Sorot

Lampu sorot pada kapal juga memiliki nama lain yaitu spotlight atau searchlight. Lampu ini berfungsi untuk memberikan penerangan dalam perjalanan terutama pada malam hari. Berbeda dengan lampu sinyal, pada badan lampu ini tidak terdapa katup pembuka dan penutup.

Pertama kali lampu sorot digunakan di angkatan laut pada Perang Dunia pertama. Selain sebagai alat bantu navigasi, lampu sorot juga digunakan untuk melacak kapal musuh serta mengarahkan target tembakan. Saat ini, lampu sorot sudah digunakan di banyak industri, contoh yang paling sering adalah di industri hiburan yaitu untuk penerangan dan atraksi panggung.

PT Velasco Indonesia Persada menyediakan berbagai macam kebutuhan alat navigasi seperti lampu sinyal dan lampu sorot, serta peralatan teknik, mesin dan sparepart untuk perusahaan manufaktur. Produk-produk kami mencakup power product, alat berat, engine spareparts, dan peralatan kelautan dan kapal.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat navigasi dan peralatan kapal lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya.