0
  CONTACT US by WHATSAPP
09
Feb
Lampu Navigasi Kapal Laut dan Fungsinya
Feb 09, 2017By Velasco Indonesia

Apa bedanya lampu yang ada di kapal, dengan lampu biasa yang dipakai di daratan? Bedanya, lampu navigasi kapal ternyata tidak dipakai untuk penerangan, namun lebih untuk menjadi simbol posisi kapal dan beberapa benda penting yang ada di kapal.

Kami, Velasco Indonesia, menjual berbagai macam peralatan kapal salah satunya lampu navigasi (navigation lamp / light). Lampu navigasi yang kami jual ukuran single dan double dengan bahan resin sehingga tahan karat.

Setiap kapal harus dilengkapi dengan system untuk memperlancar operasi dilaut. Salah satu regulasi yang mengatur ini adalah COLREGS. Regulasi ini mengatur pemasangan dan standar peralatan navigasi si kapal untuk mencegah terjadinya tubrukan antara dua kapal atau lebih

Lampu navigasi atau navigation light dipakai diatas kapal untuk menentukan arah, posisi, dan jenis kapal pada malam hari.

Panduan penggunaan lampu navigasi diatas kapal:

  • Starboard (sisi kanan): warna lampu navigasi hijau
  • Portside (sisi kiri): warna lampu navigasi merah
  • Stern (sisi belakang): warna lampu navigasi putih
  • Masthead (tiang): warna lampu navigasi putih

Mungkin beberapa dari kalian berpikir bahwa lampu navigasi kapal ini tidak penting. Namun ternyata, untuk seorang pelaut, lampu ini dapat menyelematkan nyawa dan kapal mereka. Dilaut malam hari, sekeliling yang terlihat hanyalah hamparan hitam. Hanya suara air dan ombak yang terdengar. Jika kapal-kapal yang melintas tidak dilengkapi dengan lampu ini, maka rawan sekali terjadinya tabrakan antar kapal. Tabrakan antar kapal sangat berbahaya, karena dapat menenggelamkan kapal. Maka dari itu, semua kapal dilengkapi dengan lampu navigasi untuk meminimalisisr terjadinya angka kecelakaan ini.

Velasco Indonesia menjual banyak jenis lampu kapal seperti:

  1. Masthead (Lampu tiang agung)
  2. Sidelight (Lampu lambung)
  3. Anchor Light (Lampu jangkar)
  4. Stern Light (Lampu buritan)
  5. Lampu isyarat tanpa komando
  6. Lampu muatan tanda bahaya

Untuk mengetahui lebih jelas dengan produk lampu navigasi kapal dan produk-produk peralatan kapal lainnya, dapat mengunjungi website kami: www.velascoindonesia.com/kontak

Jika ada yang ingin ditanyakan dengan lebih jelas, dapat menghubungi kami melalui email yang sudah kami sediakan:

cso@velascoindonesia.com