0
  CONTACT US by WHATSAPP
15
Jul
Lampu Navigasi pada Kapal Laut
Jul 15, 2017By Velasco Indonesia

Semua kapal yang berlayar dilaut harus dilengkapi dengan lampu-lampu navigasi sesuai dengan persyaratan International Regulations for Preventing Collision at Sea (COLREGS) sebagaimana juga telah ditetapkan International Maritime Organization (IMO).

lampu navigasi

Lampu navigasi :

  1. Side light, dipasang pada kanan dan kiri lambung kapal lazimnya pada geladak navigasi. Cahaya lampu masih dapat terlihat pada jarak sekurangnya 3 mil laut pada masing-masing sisi kapal dari depan kapal sampai sudut º kearah belakang.
  2. Mast head light, mast head light depan dan belakang masih dapat dilihat sekurang pada jarak 6 mil laut dan sinarnya membentuk sudut 225 º kearah depan dan dapat dilihat sampai sudut º pada arah samping kearah belakang. Lampu ini satu diletakkan didepan dan satu lagi diletakkan dibelakang keduanya pada centre line kapal. Mast head light belakang tingginya tidak boleh kurang 4.5 m diatas mast head light depan, sedangkan jarak mast head light depan dan mast head light belakang tidak boleh kurang dari ½ Loa tetapi tidak perlu > 100 m.
  3. Stern light, dipasang diburitan kapal dapat dilihat dari belakang, membentuk sudut 135 º (67.5 º kearah port side dan 67.5 º kearah starboard side) dan masih dapat dilihat pada jarak sekurangnya 3 mil laut.
  4. Anchor light, anchor light depan diletakkan dihaluan sekurangnya 6 m diatas fore castle deck, anchor light belakang diletakkan diburitan dengan ketinggian tidak boleh kurang 4.5 m dibawah anchor light depan. Kedua lampu tersebut dapat dilihat dari segala arah secara horizontal dan masih dapat dilihat pada jarak tidak boleh kurang dari 3 mil laut.
  5. Not under commad light, not under command light terdiri 2 lampu berwarna merah yang dipasang pada tiang yang sama, satu lampu diatas lampu lainnya, jarak kedua lampu tidak boleh kurang dari 2 m, dapat dilihat kesegala arah secara horizontal dengan jarak pandang tidak boleh kurang dari 3 mil laut. Lampu ini umumnya diletakkan dimidship ditiang mast, satu tiang dengan salah satu mast head light dan terletak dibawah mast head light tersebut.
  6. Towing light, towing light terdiri 2 lampu berwarna merah yang dipasang pada tiang yang sama, satu lampu diatas lampu lainnya, jarak kedua lampu tidak boleh kurang dari 2 m, dapat dilihat dari depan dengan sudut pandang 225 º (22.5 º dapat dilihat menyamping kearah portside dan starboard side) jarak pandang tidak boleh kurang dari 3 mil laut. Lampu ini umumnya diletakkan satu tiang dengan tiang mast depan dan terletak dibawah mast head light tersebut. Lampu ini dinyalakan pada saat kapal ditarik atau sedang menarik kapal.