0
  CONTACT US by WHATSAPP
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
24
Nov
Pentingnya Keselamatan Kerja di Setiap Industri
Nov 24, 2017By Velasco

International Labour Organization (ILO) mendefinisikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada kesehatan dan keselamatan kerja bagi tenaga kerja maupun orang lain di tempat kerja. Untuk menopang K3, maka diperlukan alat safety yang memadai. PT Velasco Indonesia Persada merupakan distributor alat safety berkualitas dengan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Keselamatan Kerja

Sebuah organisasi non-profit, The Forest Trust (TFT.org) mengartikan K3 sebagai semua aspek kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan berfokus pada pencegahan bahaya. K3 diatur dalam dalam sebuah sistem manajemen yang disebut Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3). Menurut TGT.org, SMK3 terdiri dari:
• Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah tentang mengikuti prosedur untuk mencegah kecelakaan, cedera atau sakit di tempat kerja.
• Pencegahan terhadap bahaya merupakan inti dari K3.
• Pencegahan meliputi identifikasi, penilaian dan pengendalian resiko K3.

Di Indonesia K3 diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 1/1970 tentang keselamatan kerja. Dalam UU tersebut tempat kerja didefinisikan sebagai sebagai ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimana tenaga kerja bekerja. Termasuk tempat kerja adalah semua ruangan, lapangan, halaman dan sekelilingnya yang merupakan bagian-bagian atau berhubungan dengan tempat kerja tersebut.

SMK3 juga berpengaruh terhadap sisi bisnis bagi sebuah perusahaan. Saat ini, para pengusaha di seluruh dunia telah secara hati-hati merencanakan strategi bisnis mereka, tetapi banyak yang masih mengabaikan masalah penting seperti keselamatan, kesehatan dan kondisi kerja. Sebab biaya untuk manusia dan finansial dianggap besar.

Data ILO menunjukan bahwa setiap tahun ada lebih dari 250 juta kecelakaan di tempat kerja dan lebih dari 160 juta pekerja menjadi sakit karena bahaya di tempat kerja. Jumlah pekerja meninggal akibat kecelakaan dan sakit di tempat kerja sebanyak 1,2 juta orang.

Tentunya kita tidak menginginkan hal ini terjadi di lingkungan kerja kita, untuk itu diperlukan alat safety berkualitas. Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat safety seperti sepatu safety, welding glovewearpack, ear muff, safety goggle dan lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.