0
  CONTACT US by WHATSAPP
Kegunaan Tali Tambang
29
Mar
Kegunaan Tali Tambang di Banyak Industri
Mar 29, 2018By Velasco

Tali tambang merupakan salah satu alat serba guna. Tali tambang bukan saja berlaku sebagai alat bantu kerja tapi juga dapat digunakan sebagai alat keselamatan. Oleh karena kegunaan tali tambang yang beragam, alat ini banyak ditemukan dan dipakai di berbagai macam industri. Kegunaan tali tambang dimaanfaatkan di industri pertambangan, minyak dan gas, perkapalan, towing, lifting dan sebagainya.

Tali tambang yang digunakan di setiap industri berbeda-beda jenisnya. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan industri yang menggunakannya. Beberapa jenis tali tambang yang pada umumnya digunakan di industri yaitu Tali Manila, Tali Nylon, Tali PE, dan Tali Polipropylene (PP Monofilament & PP Multifilament).

Tali Manila

Serat tanaman abacca yaitu sejenis pisang dari Filipina merupakan bahan dasar pembuat tali Manila. Sifat tali ini adalah permukaan yang kasar dan nilai breaking load yang tinggi. Oleh karena itu, jenis tali ini banyak digunakan di industri perkapalan untuk membuat tangga-tangga kapal.

Tali Nylon

Tali Nylon adalah jenis tali tambang yang terbuat dari serat nylon. Jenis tali ini memiliki sifat yang lentur tetapi sangat kuat dan tahan terhadap gesekan. Tali ini memiliki nilai breaking load yang sangat tinggi. Oleh karena itu banyak digunakan di industri-industri berat seperti perkapalan, logistik, otomotif & transportasi, konstruksi, pertambangan, minyak & gas, dan sebagainya.

Tali PE

Tali PE adalah tali tambang yang terbuat dari jenis serat sintetis poliethylene. Jenis tali ini lebih lentur dari tali Nylon tetapi memiliki nilai breaking load yang lebih rendah. Tali PE berukuran kecil dan cukup ringan. Tali PE ini biasa digunakan di industri ringan seperti untuk pekerjaan packing, jala-jala, lashing, keperluan olahraga dan sebagainya.

Tali Polipropylene (PP Monofilament & PP Multifilament)

Tali Polipropylene adalah jenis tali tambang yang terbuat dari serat polipropylene. Berdasarkan ukuran serat polipropylene yang dihasilkan dan proses produksinya, jenis tali tambang ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu tali PP Monofilament dan PP Multifilament.

Pada umumnya, tali PP Monofilament memiliki serat polipropylene yang lebih besar dibandingkan tali PP Multifilament. Selain itu, tali PP Monofilament mempunyai permukaan yang lebih kasar jika dipegang. Namun demikian, kedua jenis tali ini hampir memiliki nilai breaking load yang setara.

Kegunaan tali tambang jenis yaitu untuk proses packing, mengikat barang (lashing), tali tambat (mooring), tali tarik (towing), perkebunan, tangga dan sebagainya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor tali tambang berkualitas dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.