0
Rantai Untuk Industri
28
Dec
Mengenal Kategori Rantai Untuk Industri
Dec 28, 2017By Velasco

Kategori rantai untuk industri merupakan salah satu komponen penting dari sebuah sistem angkut ataupun mesin. Menggunakan rantai merupakan salah satu cara paling fleksibel dan andal untuk mengangkat, menarik, dan mengikat barang dalam berbagai pekerjaan. Contohnya, kita dapat menggunakan rantai untuk mengangkat sesuatu, mengikat beban, atau menarik kendaraan. PT Velasco Indonesia Persada menjual beragam rantai untuk industri dengan kualitas terbaik.

Kategori Rantai Untuk Industri

Rantai paling mudah dikategorikan berdasarkan material pembuatnya. Kita dapat mengkategorikannya menjadi:
1. Cast iron chain
2. Cast steel chain
3. Forged chain
4. Steel chain
5. Plastic chain
Untuk alasan keamanan, berbagai industri yang memanfaatkan rantai membuat regulasi terhadap rantai dan pengaplikasiannya. Regulasi tersebut mengatur berbagai bahan rantai yang harus digunakan untuk aplikasi tertentu. ASTM (American Society of Testing & Materials), ASME (American Society of Mechanical Engineers) dan OSHA (Occupational Safety & Health Administration) menerbitkan standar keselamatan dan peraturan untuk pembuatan, pengujian, penggunaan, inspeksi dan perbaikan rantai.

Chain Grades
Salah satu standar keselamatan penggunaan rantai untuk industri adalah menggolongkan rantai berdasarkan kekuatan maksimal rantai tersebut. Penggolongannya seperti yang dapat kita temukan saat ini antara lain G30, G43, G70, G80 & G100 dan nilai rantai umum lainnya. Angka setelah setiap huruf merupakan satuan N/mm2. Contohnya, G80 berarti bahwa tegangan maksimum pada rantai pada kekuatan ultimate adalah 800 newton per milimeter kuadrat.

Working Load Limit (WLL)
Standar keelamatan pengggunaan rantai lainnya adalah mengidentifikasi jenis rantai yang sesuai dan cukup kuat untuk mengangkat sebuah beban. Mengangkat atau menarik beban merupakan pekerjaan berbahaya. Oleh karena itu WLL atau batas beban kerja rantai distandarkan agar sesuai dengan limit berat beban yang dapat ditanggung sebuah rantai.

Chain Grade dan Jenis Aplikasinya
Contoh standarisasi jenis aplikasi untuk chain grade yaitu seperti pada Alloy Chain Grade 80 atau Grade 100 dan Carbon Grade 70 chain. Alloy Chain Grade 80 atau Grade 100 distandarkan untuk mengangkat sebuah beban. ASTM membuat standar bahwa alloy chain harus dapat memanjang minimal 20% sebelum fraktur (7.3.5). ASTM mensyaratkan penggunaan elemen campuran tertentu dalam pembuatan baja untuk alloy steel chain agar dapat memenuhi standar keselamatan. Campuran bahan ini dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, namun beberapa persyaratan utama ditentukan oleh ASTM.

Carbon Grade 70 chain adalah rantai baja karbon yang diolah dengan panas tertentu. Jenis rantai ini tidak memiliki unsur tambahan yang dicampurkan ke baja. Jenis rantai ini tidak dibuat untuk mengangkat beban berlebih, namun dirancang untuk digunakan sebagai rantai pengikat atau untuk transportasi. Rantai kelas 70 memiliki lapisan luar kromat emas untuk membantu menahan korosi.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor berbagai kategori rantai untuk industri seperti rantai baja, rantai galvanis, anchor chain, rantai stainless steel. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini