0
  CONTACT US by WHATSAPP
10
Jul
Kategori Kelompok Coolant & Antifreeze
Jul 10, 2017By Velasco Indonesia

Ada banyak kategori kelompok coolant & antifreeze. Jika dilihat dari namanya antifreeze /  antibeku dan Coolant / pendingin, mungkin saja seolah-olah akan ditukarkan, karena memang awalnya, antibeku merupakan istilah yang lebih sering digunakan pada awalnya pada industri. Menjaga air di blok mesin dari pembekuan adalah satu-satunya alasan yaitu digunakan bahan air yang mudah beku.

kategori kelompok coolant

Namun seiring perkembanagn mesin, ada tuntutan untuk perpindahan panas menjadi lebih penting; Oleh karena itu, coolant kata digunakan lebih sering digunakan.

Terakhir  ini, antibeku & coolant pendingin hadir dalam berbagai warna dan masing-masing menandakan tujuan. Hal ini dapat membingungkan bagi pengguna khusus pendingin yang dapat diidentifikasi dengan warna mereka ketika warna tidak standar pada industri.

Selama beberapa tahun terakhir, produsen kendaraan telah memperkenalkan berbagai pendingin/coolant uang memiliki usia pakai yang lebih panjang. Setiap produsen dengan formula tertentu memiliki warna sendiri.

Setiap formula harus memberikan perlindungan korosi, usia pakai yang sesuai dan kompatibilitas dengan bahankimia. Di pasaran terdapat banyak sekali warna coolan :hijau, merah, biru, kuning, bahkan merah muda. Semakin banyak kita melihat keragaman ini, semakin membingungkan membingungkan kita. Ada banyak kategori kelompok coolant.

Kategori Kelompok Coolant

Ada tiga kategori kelompok coolant utama. Kami tidak akan menggolongkan setiap pendingin berdasarkan merk, tapi pendekatan dari  warna yang ada di pasaran.

Sebagai contoh coolant berwarna kuning mungkin memiliki komposisi yang sangat berbeda. Atau coolant / pendingin berwarna biru mungkin memiliki formula yang sama sebagai pendingin merah.

Group 1

Type ini yang asli berbasis glycol dengan warna hijau, kita biasa menyebutnya anti freeze /  antibeku. Type kelompok ini memiliki bahan silikat dan fosfat inhibitor korosi yang bekerja baik untuk menghambat korosi pada kedua besi dan permukaan dalam radiator.

Cairan ini hijau akrab telah terbukti layak di semua suhu ekstrem dari Amerika Utara. Hampir setiap kendaraan bisa menggunakan cairan ini. Mengapa tidak membuat pendingin type yang universal? Jawabannya sangat mungkin, tetapi inhibitor korosi memiliki usia pakai yang sangat singkat dan antibekunya harus diubah setiap tahun atau setiap 30.000 mil harus diganti. Salah satu kelemahannya,  Jika pengguna tidak rajin melakukan perawatan ini, maka sering terjadi kerusakan pada system radiatornya.

Group 2

Type pendingin /coolant dengan bahan dasar teknologi asam organik (Organic Acid Technology/OAT). Type coolant yang mengandung asam organik 2-etilheksanoat-asam atau 2-EHA dan lainnya, tapi tidak mengandung silikat atau fosfat.

Formula ini memberikan perlindungan usia pakai yang lebih panjang, sehingga bisa menggantikan bahan silikat yang berumur pendek dan fosfat. Banyak warna berada dalam kelompok ini. Misalnya General Motor OAT berbasis DexCool, warnanya oranye. Volkswagen-Audi memiliki formula yang sama, tetapi berwarna pink. Honda memiliki satu pendingin /coolant warna hijau gelap, yang terlihat hampir hitam ketika kotor.

Inhibitor korosi dalam kelompok ini memiliki usia pakai lebih tahan lama. Lima tahun, atau interval 150.000 mil sering direkomendasikan pada kelompok coolant ini.

Group 3

Type pendingin/coolant OAT hybrid yang disebut G-05. Type ini tidak memiliki 2-EHA tetapi menggunakan asam organik lain dan menambahkan silikat sedikit. Silikat diinginkan karena memberikan perlindungan aktif pada permukaan aluminium dalam system radiator. Silikat juga akan memperbaiki cacat kecil pada permukaan.  Chrysler, Ford, dan banyak produsen Eropa menggunakan ini OAT hybrid.

Jangka waktu penggantian

Dengan banyaknya pendingin/coolant  dan warna yang berbeda di luar sana. Apakah Anda harus mengganti atau Anda kualitas yang lebih tinggi dari pendingin yang lain? Sebuah pendingin yang benar-benar universal mungkin akan sangat membantu. Yaitu memberikan kemampuan baik untuk menggunakan satu pendingin dengan semua manfaat. Namun hal itu sangat sulit.

Menurut pendapat saya, ada satu pendingin yang benar-benar universal adalah yang asli berwarna hijau. Sangat banyak di pasaran. Type ini adalah yang termurah, melindungi dan bahkan perbaikan kelemahan aluminium ringan, dan satu-satunya ketidaknyamanan adalah umur pendek (diimbangi dengan biaya rendah) dengan menguras dan isi ulang dengan waktu yang lebih pendek, 30.000 mil atau sekitar 48.000 Km.

Penggunaan yang  direkomendasikan : campuran 50/50 air : coolant kecuali sistemnya punya kondisi ekstrim atau memiliki masalah korosi dalam sistemnya.

Type 2 dan 3 memiliki usai pakai yang lebih panjang, tapi harganya juga pasti lebih mahal.

Untuk diperhatikan bahwa setiap kelompok coolant memiliki keunggulan tersendiri, namun jangan pernah mencampur dengan type yang berbeda.