0
  CONTACT US by WHATSAPP
kapal perang asli buatan indonesia
10
Sep
Kapal Perang Asli Buatan Indonesia
Sep 10, 2016By Velasco Indonesia

Apakah ada kapal perang asli buatan Indonesia? Kekuatan militer Indonesia menjadi yang diperhitungkan di Dunia. Selain memiliki banyak pasukan khusus yang hebat salah satunya yang terkenal yaitu Kopassus. Indonesia juga dikenal sebagai Negara pembuat senjata-senjata dan kapal perang canggih.

kapal perang asli buatan indonesia

Berikut ini adalah Kapal perang asli buatan Indonesia yang memiliki kemampuan handal serta dilengkapi dengan teknologi canggih.

KRI Banjarmasin 592

Yang pertama dari kapal asli buatan Indonesia yaitu KRI Banjarmasin 592. Kapal ini adalah kapal ke-3 jenis LPD yang dua kapal jenis ini sebelumnya dibuat di Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan, dan sekarang dibuat di PT. PAL Indonesia, Surabaya. Kapal ini dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya. Kapal ini juga mampu mengangkut 5 buah helikopter (3 di geladak heli, 2 di hanggar). Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.

KRI Krait 827

Kapal perang asli buatan Indonesia yang kedua yaitu KRI Krait 827. Kapal perang ini adalah kapal patroli kelas PC-40 hasil desain dari Fasharkan TNI AL Mentigi dan dibangun bekerja sama dengan PT BES Batam. Kapal ini mempunyai panjang badan 40 meter dan dirancang bisa melaju dengan kecepatan 20 knot didorong oleh 2 buah mesin diesel 1250 HP Badan kapal terbuat dari aluminium alloy.

Disamping tugas patroli keamanan laut kapal ini juga bisa digunakan sebagai kapal SAR dan kapal untuk bantuan bencana alam sehingga kapal ini dilengkapi dengan Hydraulic Crane yang dapat digunakan pada saat SAR maupun bongkar muat bahan bantuan untuk daerah bencana (dimana saat bencana, suatu pangkalan belum tentu ada fasilitas angkat yg memadai). Disamping itu, kapal ini didesain Auto pilot untuk memudahkan pengendalian selama kapal melintasi alur pelayaran yang sempit dan untuk jarak tempuh yang jauh sehingga moral pengawak tetap terjaga dengan kemudahan pengoperasian kapal.

KRI Tarihu 829

Kapal perang buatan Indonesia yang ketiga yaitu KRI Tarihu 829. Kapal perang ini adalah buatan Indonesia yang mampu sebagai kapal perusak. KRI Tarihu-829 memiliki panjang 40 m, lebar 7,3 m, dilengkapi dengan persenjataan meriam kaliber 20 mm dan 12,7 mm. Dalam uji coba ini mampu menempuh kecepatan 25 knot.

Kelas: Tarihu, Sebagai kapal patrol cepat 40 meter Fiberglass, Seluruh kapal dibuat oleh Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) TNI AL.

3 ini hanyalah contoh dari banyak kapal perang asli buatan Indonesia. Masih banyak lagi yang lainnya. Ternyata negara kita tidak kalah dengan banyak negara lain.