0
  CONTACT US by WHATSAPP
kapal KRI dewaruci
26
Sep
Kapal KRI Dewaruci, Pengharum Bangsa
Sep 26, 2016By Velasco Indonesia

Kapal KRI Dewaruci – merupakan kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama Dewa Ruci sendiri diambil dari nama tokoh pewayangan Jawa.

kapal KRI dewaruci

KRI Dewaruci sudah mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai pihak, tidak hanya dari dalam negeri namun juga hingga luar negeri. Kapal Legendaris yang telah berkeliling dunia. Maklum saja, kapal latih bagi para kadet Akademi Angkatan Laut ini sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Tiap tahunnya, KRI Dewaruci selalu berlayar ke berbagai tempat di dunia dan kali ini merupakan pelayaran paling jauh yang pernah dilakukan oleh KRI Dewaruci (27.006 Mil atau sekitar 50.015 Km).

Rute perjalanannya adalah dari dermaga Ujung, Surabaya lalu ke arah timur, menuju Amerika, Eropa, Afrika, dan kembali ke Asia. Saat singgah di berbagai negara nantinya, para kadet TNI AL ini telah dipersiapkan dengan mempelajari berbagai macam kebudayaan nasional Indonesia. Hal tersebut berguna untuk pengembangan diplomasi wisata pada Operation Sail 2012 yang dijadwalkan berlangsung pada Juli nanti, di Amerika.

Kapal berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 dan diresmikan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri.

Kapal KRI Dewaruci jadi satu-satunya kapal layar Indonesia yang masih mengarungi lautan. Dua di antara tiga kapal layar seangkatan Dewaruci telah bebas tugas. Satu tenggelam di dasar laut, satunya lagi telah dimuseumkan. Dewaruci akhirnya kini sendiri. Seandainya telah selesai menjalankan tugasnya kali ini, dan bila sudah ada kapal latih pengganti, maka Dewaruci akan benar-benar diistirahatkan.

Tipe: Barquentine (Kapal Tiang Tinggi)
Lebar: 9,5 Meter
Panjang: 58,30 Meter
Bobot Kapal: 874 Ton
Kecepatan dengan mesin: 10,5 Knot
Kecepatan dengan layar: 9 Knot