0
  CONTACT US by WHATSAPP
kapal hantu indonesia
08
Nov
Kapal Hantu Indonesia, SS Ourang Medan
Nov 08, 2016By Velasco Indonesia

Kapal hantu Indonesia – Cerita tentang kapal berhantu biasanya lebih sering ditemui pada film-film barat. Siapa sangka kalau ternyata ada juga kapal hantu Indonesia dengan cerita serupa? Ulah hantu atau bukan, misteri mengenai kapal SS Ourang Medan belum terpecahkan hingga sekarang.

Dalam bahasa Indonesia, kapal tersebut berarti “orang yang tinggal di Medan”. Meski begitu, SS Ourang Medan sebenernya merupakan kapal kargo milik Belanda. Karena fenomenal banget, kisah mengenai SS Ourang Medan sempat dimuat oleh media Indonesia berbahasa Belanda. Beginilah cerita SS Ourang Medan, Kapal Hantu Indonesia.

Pesan Misterius

Pada bulan Juni 1947, dua kapal Amerika bernama SS City of Baltimore dan SS Silver Star yang sedang melintas di selat Malaka mendapat pesan SOS dari sumber nggak dikenal. Pesan tersebut berbunyi:

“Semua petugas termasuk kapten sudah mati, tergeletak di beberapa ruangan dan anjungan kapal. Mungkin seluruh kru sudah mati.”

Setelah itu, SS Citu of Baltimore dan SS Silver Star menerima rangakaian kode morse yang nggak bisa terbaca. Sampai akhirnya muncul pesan singkat mengerikan: Aku mati. Setelah melacak sumber panggilan, mereka menyimpulkan bahwa pesan-pesan tersebut berasal dari SS Ourang Medan yang juga lagi berada di Selat Malaka.

Misi Penyelamatan Kapal Silver Star

Karena jaraknya paling dekat dengan dugaan lokasi SS Ourang Medan, maka SS Silver Star lah yang diutus untuk menyelidiki kondisi kapal tersebut. Saat menggeledah SS Ourang Medan, kru SS Silver Star menemukan mayat bergelimpangan di geladak kapal. Sisa-sisa tubuh kapten ditemukan di bagian anjungan. Menurut laporan, semua mayat mati dengan ekspresi ketakutan dan mata terbelalak.

Kru SS Silver Star nggak menemukan bukti jelas tentang kematian awak SS Ourang Medan. Saat mereka hendak menarik dan membawa kapal Belanda tersebut kembali ke pelabuhan, mendadak muncul ombak yang dahsyat dan terlihat asap mengepul dari dek bawah kapal SS Ourang Medan. Untungnya, kru SS Silver Star sudah kembali ke kapal ketika SS Ourang Medan meledak dengan kekuatan tinggi.

Dianggap Hanya Legenda

Anehnya, saat petugas mencari dokumen mengenai adanya kapal kargo dengan nama SS Ourang Medan, mereka nggak menemukan apapun. Itulah kenapa ada yang menganggap kalau kisah SS Ourang medan hanya sebuah legenda. Tapi, ada pula yang percaya bahwa saat itu SS Ourang Medan membawa kargo berupa bahan kimia berbahaya hingga terjadi ledakan dahsyat.

Beberapa yang lain menjelaskan terjadinya kebocoran dalam mesin uap kapal SS Ourang Medan sehingga seluruh awak kapal keracunan karbon monoksida yang berujung dengan ledakan. Pada tahun 1953, muncul hipotesis yang mengatakan bahwa SS Ourang Medan diserang oleh kapal hantu. Itulah kenapa mereka ditemukan meninggal dengan ekspresi ketakutan.

Jadi inilah cerita kapal hantu Indonesia. Menyeramkan…