0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Track MRT
16
Aug
Jenis Track MRT Elevated dan Underground
Aug 16, 2018By Velasco

Pemerintah tidak henti-hentinya berupaya mengatasi kemacetan di ibu kota Jakarta. Salah satu upaya tersebut adalah dengan membangun Mass Rapid Transit di Jakarta atau lebih dikenal dengan MRT Jakarta. Menariknya, jenis track MRT yang dibangun terdiri dari 2 jenis yaitu underground track atau track bawah tanah dan elevated track atau track layang. Proyek pembangunan MRT ini sudah dimulai sejak beberapa tahun silam, tepatnya pada 10 Oktober 2013. Apabila semuanya berjalan lancar, diharapkan proyek ini akan dapat rampung pada Maret 2019.

Jalur MRT akan membentang dari selatan ke utara Jakarta, tepatnya dari Lebak Bulus hingga Kampung Bandan, dengan panjang kurang lebih 110,8 km. Pengerjaan jalur MRT ini terbagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama adalah jalur Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sementara tahap kedua adalah pembangunan jalur Bundaran HI hingga Kampung Bandan.

Jalur di tahap 1 menggunakan track elevated yang terbentang dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Sisingamaraja. Setelah itu jalur dilanjutkan dengan track underground dari Stasiun Senayan hingga Stasiun Bundaran HI. Untuk pembangunan jalur di tahap 2, keseluruhan jalurnya menggunakan jenis track MRT underground.

Track Elevated
Jalur layang atau track elevated memiliki kelebihan antara lain biaya pembuatannya lebih murah dibanding track underground. Dengan adanya track elevated ini maka dibutuhkan pembebasan lahan di beberapa area yang terlewati jalur MRT ini. Pembebasan lahan tersebut diperlukan untuk dibangun stasiun perhentian. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, namun persoalan ini sudah selesai dan sudah tidak menjadi masalah.

Track Underground
Jalur bawah tanah atau track underground dipilih pada jalur Senayan hingga Kampung Bandan karena banyak cagar budaya di sepanjang jalur ini. Dengan dibuat jalur bawah tanah, maka tata ruangnya jadi lebih indah. Walau demikian, pembuatan track underground ini memakan biaya yang lebih besar ketimbang track elevated.

Seperti apa pun jenis track MRT yang dibangun, yang pasti proyek ini akan mengurangi kemacetan di Jakarta, sekaligus meningkatkan pergerakan perekonomian di setiap perhentian stasiunnya. Dalam mengerjakan proyek ini, setiap pekerja dibekali dengan alat safety yang handal dan berkualitas untuk menjamin keselamatan setiap pekerja.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual alat safety pekerja MRT dan fire fighting equipment lengkap dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.