0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Telepon Satelit
05
Dec
Jenis Telepon Satelit Berdasarkan Orbitnya
Dec 05, 2019By Velasco

Saat ini telah banyak penyedia jasa untuk kebutuhan telepon satelit (satellite telephone service provider). Telepon satelit atau terminal satelit pada dasarnya merupakan telepon bergerak (mobile phone) yang saling dihubungkan oleh suatu sistem satelit. Berdasarkan teknologi orbit yang digunakan, terdapat dua jenis telepon satelit yang digunakan.

Namun sebelum lebih jauh membahas jenis telepon satelit, perlu diketahui bahwa telepon satelit digunakan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh mobile broadband, radio komunikasi atau sistem lainnya. Perangkat ini dapat digunakan selama daerah tersebut berada dalam footprint satelit.  Harga atau pulsa yang ditawarkan bervariatif mulai dari 0,15 hingga 2 dolar per menit.

Telepon satelit umumnya digunakan sebagai alat komunikasi saat terjadi keadaan darurat, baik di darat maupun di lautan, termasuk di dunia militer. 

Geostationary Earth Orbit (GEO) dan Low Earth Orbit (LEO) merupakan dua teknologi yang digunakan telepon satelit. Dua teknologi tersebut mempunya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pemilihan teknologi yang hendak digunakan didasarkan pada ketersediaan satelit dan kebutuhan penggunanya.

Jenis Telepon Satelit LEO

Orbit satelit LEO yaitu pada ketinggian sekitar 930 mil atau 1.500 km. Satelit LEO berukuran kecil dan ringan sebab umumnya hanya membawa sedikit transponder. Kekurangan satelit ini adalah footprint atau jangkauan satelit yang sempit sebab ketinggian orbitnya rendah. Oleh karena itu diperlukan hingga sekitar 60 satelit untuk menjangkau seluruh permukaan bumi. Kelebihannya adalah kualitas sinyal informasinya lebih baik sebab waktu delay-nya rendah yaitu 50 ms.

Jenis Telepon Satelit GEO

Orbit satelit GEO yaitu pada ketinggian sekitar 22.000 mil atau 35.000 km. Satelit ini seolah-olah tidak bergerak atau memiliki koordinat yang tetap sebab turut berputar bersama rotasi bumi seperti bulan. Orbitnya sejajar dengan garis katulistiwa untuk memperlebar jangkauan footprint-nya.

Kelebihan telepon satelit GEO ini adalalah jangkauan operasi (coverage area) yang luas dan jumlah transponder yang dibawa lebih banyak. Hanya diperlukan 3 hingga 4 satelit saja untuk dapat menjangkau seluruh permukaan bumi. Kekuranganya adalah delay informasi yang tinggi yaitu sebesar 250 ms. Menggunakan GEO di daerah-daerah yang berkontur pegunungan juga kurang maksimal. Thuraya, Inmarsat, Terrestar, dan MSAT/SkyTerra merupakan beberapa satellite GEO service provider.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual telepon satelit berkualitas. Kami juga jual alat komunikasi kapal lainnya seperti marine intercom, lampu sorot, dll. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonexsia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.