0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Tangga Kapal
22
Aug
Berbagai Jenis Tangga Kapal Laut
Aug 22, 2018By Velasco

Kapal umumnya memiliki tangga, baik di bagian luar untuk sarana keluar masuk awak kapal, maupun di bagian interior untuk beraktifitas pada beberapa lantai di dalam kapal. Berbagai jenis tangga kapal dapat dengan mudah kita identifikasi, yaitu tangga miring dan tangga tegak.

Tangga Miring

Jenis tangga kapal yang pertama adalah tangga miring. Sesuai dengan namanya, tangga miring adalah tangga yang berbentuk miring. Tangga jenis ini membutuhkan ruang yang luas dan biasanya dilengkapi dengan pegangan tangan. Tangga miring juga dikenal dengan istilah Australian Ladder.

Tangga miring memiliki kelebihan yaitu lebih aman digunakan ketimbang jenis tangga tegak. Namun kekurangannya adalah dibutuhkan area yang lebih banyak untuk membuat tangga miring, dibandingkan membuat tangga tegak.

Tangga miring digunakan baik di bagian dalam kapal maupun di bagian luar kapal. Untuk tangga miring yang digunakan sebagai tempat keluar masuk penumpang, biasanya dilengkapi dengan winch yang berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan tangga tersebut. Tangga miring pada interior kapal biasanya dibuat dari kayu atau baja berkualitas. Sementara untuk tangga miring yang ada di eksterior kapal biasanya dibuat dari bahan baja.

Tangga Tegak

Jenis tangga kapal yang berikutnya adalah tangga tegak. Tangga lurus atau vertical ladder memiliki bentuk yang sederhana, hanya tegak sejajar dengan dinding kapal. Karena bentuknya yang sederhana ini, tangga lurus tidak membutuhkan terlalu banyak area. Namun tangga seperti ini memiliki kekurangan karena lebih tidak aman dibandingkan tangga miring. Potensi cedera lebih tinggi pada tangga tegak ketimbang tangga miring.

Tangga lurus memang dibuat pada area yang membutuhkan tangga, namun tidak memungkinkan dibuat tangga miring. Biasanya tangga lurus ada pada geladak terbuka di bangunan atas kapal. Tangga jenis ini juga digunakan untuk akses keluar masuk ke dalam tangki. Tangga lurus juga menjadi andalan untuk naik turun awak kapal ke sekoci pada saat terjadi situasi darurat. Tangga untuk fungsi darurat ini biasanya dikenal dengan tangga darurat atau monkey ladder, umumnya terbuat dari tali tambang dan kayu. Cara menggunakannya praktis karena tangga jenis ini dapat dilipat dan tinggal dilebarkan saat dipakai.

Selain ada monkey ladder yang digunakan saat kondisi darurat, juga ada tangga tegak lain yang disebut dengan pilot ladder. Pilot ladder memiliki fungsi utama untuk naik turun sang pemandu pelabuhan (petugas yang memandu nahkoda untuk memasuki atau keluar dari area pelabuhannya). Pilot ladder memiliki bentuk mirip dengan monkey ladder, namun ada satu perbedaannya yaitu ada beberapa bagian pijakan kayu yang dibuat lebih panjang (disebut dengan shreaders). Fungsi shreaders ini adalah agar tangga tegak tidak berputar saat ada angin atau arus air yang kencang.

Keberadaan pilot ladder diatur dalam peraturan SOLAS (Safety of Life at Sea) sebagai salah satu alat yang wajib ada di setiap kapal. Standar SOLAS untuk pilot ladder tersebut antara lain mengatur bahan tangga, ukuran tali dan pijakan kaki, bahkan jarak antar pijakan. Semua standar itu wajib dipenuhi kapal agar dapat beroperasi dengan aman.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai jenis tangga kapal berkualitas, serta alat perkapalan lain seperti wire rope, alat rigging, dan masih banyak lagi. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.