0
  CONTACT US by WHATSAPP
tangga kapal
15
Mar
Tangga Kapal Laut dan Macamnya
Mar 15, 2017By Velasco Indonesia

Tangga kapal merupakan perlengkapan penghubung dua lantai atau dua level dikapal yang berguna untuk kebutuhan jalannya orang. Tangga dikapal memiliki beberapa jenis sesaui dengan posisinya yaitu tangga miring dan tangga tegak.

TANGGA KAPAL MIRING

tangga kapal

Tangga miring merupakan tangga dengan posisi kemiringan tertentu disesuaikan dengan penempatannya, pada umumnya tangga jenis ini ditempatkan pada ruangan yang cukup luas dan sesuai dengan kebutuhannya tidak dimungkinkan menggunakan tangga tegak. Contoh tangga didalam ruang akomodasi atau tangga diluar antara lantai geladak dibangunan atas dan diruang mesin.
Untuk kapal curah tangga miring juga terdapat didalam palkah, tangga jenis ini dipersyaratkan dinegara tertentu seperti Australia , tangga ini diperlukan karena ruang muat cukup besar sehingga untuk keselamatan orang dibuat tangga miring yang bertahap. Tangga jenis ini juga dikenal dengan naman Australian Ladder.
Tangga miring dibuat dengan konstruksi baja atau kayu. Untuk tangga diluar bangunan kapal dan dikamar mesin dibuat dari baja dengan anak tangga ada yang berlubang dan untuk diruang mesin dibuat dengan anak tangga yang terbuat dari pelat anti selip.
Untuk tangga yang berada diruang muat memiliki anak tangga yang terbuat dari batang baja.
Seluruh tangga dilengkapi dengan pegangan tangan.
Jenis Tangga miring yang digunakan untuk naik turun penumpang ke kapal, dilengkapi winch untuk mengangkat dan menurunkan tangga, anak tangganya juga memiliki konstruksi khusus lengkung dengan permukaan anti selip.

TANGGA KAPAL TEGAK

tangga kapal

Tangga tegak (vertical ladder) merupakan tangga yang posisinya tegak sejajar dengan dinding kapal. Penggunaan tangga tegak jika dibandingkan dengan tangga miring, lebih nyaman dan aman tangga miring, namun demikian tangga tegak merupakan tangga khusus untuk penggunaan / akses didaerah tertentu dikapal yang tidak dapat dipasang tangga miring.
Tangga tegak dibuat dengan konstruksi yang kuat dari baja, dengan anak tangga batang baja segi empat yang dipasang diagonal untuk menghindarkan licin.
Pada umumnya tangga tegak dipasang digeladak terbuka diluar bangunan atas kapal. Tangga tegak juga dipasang untuk akses kedalam palkah atau kedalam tanki.
Tangga darurat yang digunakan untuk akses keluar dari kamar mesin keatas geladak terbuka (poop deck) juga jenis tangga tegak.
Selain tangga tegak konstruksi baja, dikapal juga ada jenis tangga tegak yang terbuat dari bahan tali dengan anak tangga terbuat dari kayu papan atau karet syntetis Saat penggunaannya pada ujung atas tangga ini harus terikat secara kuat dikapal dengan menggunakan segel.
Tangga tegak jenis ini digunakan untuk tangga darurat atau tangga cadangan unuk naik dan turun pandu dari kapal. Juga tangga tali yang digunakan untuk turun dari kapal kesekoci. Kelebihan tangga ini dapat digulung dan dipindahkan.

Velasco Indonesia menyediakan berbagai tangga kapal. Kunjungi website kami www.velascoindonesia.com untuk melihat produk-produk perkapalan kami. Jika ada pertanyaan, dapat mengirimkan email ke cso@velascoindonesia.com