0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Rantai dan Fungsinya
02
Dec
Beberapa Jenis Rantai dan Fungsinya
Dec 02, 2018By Velasco

Rantai terdiri dari serangkaian cincin atau ring yang saling terkait satu sama lain hingga akhirnya menjadi panjang. Secara umum, terdapat banyak sekali jenis rantai. Paling kecil adalah rantai yang digunakan untuk kalung atau gelang, paling besar adalah rantai yang digunakan pada berbagai industri, seperti di dunia perkapalan. Pada artikel ini, pembahasan akan fokus pada beberapa jenis rantai dan fungsinya yang digunakan untuk kebutuhan industri alat berat.

Sebelum menentukan rantai mana yang hendak dibeli, penting untuk memahami jenis rantai dan fungsinya agar tidak salah pilih. Rantai memiliki peranan penting dalam industri alat berat, beberapa di antaranya adalah:

  1. Untuk aplikasi mengikat barang (lashing): industri yang melibatkan berbagai alat berat membutuhkan rantai untuk mengikat barang agar tidak bergerak saat dibawa dalam perjalanan.
  2. Untuk aplikasi menarik barang (mooring): rantai juga berguna untuk menarik barang saat hendak dipindahkan secara horizontal ke titik lain.
  3. Untuk aplikasi mengangkat barang (lifting): inilah fungsi rantai yang paling sering digunakan, yaitu untuk mengangkat barang secara aman.
  4. Pembatas: rantai juga lazim digunakan sebagai pembatas jalan atau pemisah area di beberapa tempat.
  5. Dekorasi dan kebutuhan lain: rantai juga dapat digunakan untuk dekorasi, bahkan bisa juga dibuat tangga sederhana pada kapal.

Sementara itu, terdapat berbagai jenis rantai, antara lain:

  1. Rantai Baja: sesuai namanya, merupakan rantai dari bahan baja.
  2. Rantai Galvanis: adalah rantai yang telah melewati proses pemberian lapisan pelindung agar dapat bebas karat.
  3. Rantai Stainless Steel: yaitu rantai dari bahan stainless steel yang juga tahan karat.
  4. Rantai Jangkar / Anchor Chain: adalah rantai khusus untuk jangkar. Umumnya rantai jangkar dijual dengan satuan standar, yaitu per length = 27,5 meter.

Setelah memahami jenis rantai dan fungsinya, silahkan mencari tahu rantai seperti apa yang Anda butuhkan, kemudian pastikan Anda membeli rantai pada distributor terpercaya seperti kami.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual rantai kapal dan aksesorisnya. Kami juga menyediakan berbagai macam alat rigging lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.