0
  CONTACT US by WHATSAPP
Peralatan Ikat Kargo
03
Sep
Beberapa Jenis Peralatan Ikat Kargo
Sep 03, 2018By Velasco

Ketika membawa barang bermuatan besar (misalnya kargo) dengan peralatan transportasi seperti truk atau kapal, akan ada potensi barang tersebut bergeser selama perjalanan. Hal ini tentu dapat membahayakan banyak pihak, mulai dari pengemudi truk, orang-orang di sekitar truk, serta awak kapal. Barang yang ada di dalam kargo pun berpotensi rusak. Untuk itulah diperlukan peralatan ikat kargo yang handal. PT Velasco Indonesia Persada jual peralatan ikat kargo berkualitas.

Peralatan ikat kargo yang sering digunakan adalah ratchet belt atau ratchet binder. Peralatan ini juga memiliki nama lain yaitu lashing belt. Fungsinya adalah mengikat barang di peralatan transportasi seperti pada truk, atau pada kapal. Berdasarkan jenisnya, terdapat 2 jenis lashing belt. Pertama adalah tipe 2 part lashing dan endless lashing.

  • 2 part lashing, yaitu lashing belt dengan pengait pada kedua ujungnya serta buckle pada bagian tengah. Pengait berfungsi untuk dikaitkan ke badan kapal atau truk. Sementara buckle berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan ikatan webbing pada lashing belt.
  • Endless lashing, yaitu lashing belt tanpa pengait. Pada lashing belt jenis ini hanya terdapat buckle dan webbing saja.

Lashing belt memiliki ragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran webbing pada lashing belt menunjukkan besarnya kapasitas yang dapat diikat. Semakin besar ukuran webbing, maka semakin besar pula kapasitas yang dapat diikat oleh lashing belt tersebut. Pastikan Anda membeli lashing belt dengan ukuran yang sesuai keperluan Anda.

Selain lashing belt, peralatan ikat lain yang digunakan dalam industri kargo adalah webbing sling atau sling belt. Webbing sling adalah anyaman kain yang kuat. Di bagian ujung webbing sling terdapat jahitan membentuk lingkaran yang berfungsi sebagai peralatan kait untuk mengangkut barang. Jenis webbing berdasarkan jahitannya dibedakan menjadi dua, yaitu jahitan pipih dan jahitan tabung. Sementara berdasarkan bentuk rangkaiannya, juga terdapat dua jenis webbing sling. Pertama adalah eye to eye webbing sling, kedua adalah round webbing sling.

Lashing belt dan webbing sling memiliki peranan yang sangat penting. Kedua peralatan ini harus dapat mengikat barang dengan kuat sehingga barang tidak dapat bergerak ke mana-mana. Dengan meminimalisir pergerakan barang, maka potensi barang tersebut rusak juga akan semakin minim.

Pastikan Anda rutin merawat dan melakukan pengecekan secara berkala untuk menjamin lashing belt tersebut dapat berfungsi dengan baik. Apabila ditemukan bagian-bagian pada lashing belt yang sudah rusak, maka harus segera diganti dengan lashing belt yang baru.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual peralatan ikat kargo lengkap dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.