0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Master Link
22
Jan
Jenis Master Link Alat Rigging
Jan 22, 2020By Velasco Indonesia

Bisa dibilang master link seperti istilah ‘kecil-kecil cabe rawit’ alias walaupun ukurannya kecil (dibanding alat rigging lainnya), namun perannya sangat penting. Master link digunakan untuk menghubungkan lebih dari satu sling ke hook pengangkat alat berat. Jenis master link beragam, sesuai dengan kebutuhannya. Yuk kita pelajari satu per satu.

Jenis Master Link

Welded Master Link: yaitu master link dengan sambungan yang dilas. Master link jenis ini dapat dengan mudah diidentifikasi dengan melihat bentuknya yang sedikit tidak mulus. Jangan khawatir, bukan berarti master link jenis ini tidak kuat, sebab welded master link memiliki kekuatan yang setara dengan weldless master link.

Weldless Master Link: yaitu master link yang dicetak langsung, alias tidak dilas. Jadi tidak ada sambungan. Master link yang satu ini dapat dikenali dengan mudah dari bentuknya yang mulus tanpa sambungan.

Weldless End Link: fungsinya sedikit berbeda dengan master link lainnya, jenis yang satu ini digunakan di bagian paling ujung atas atau ujung bawah dalam rangkaian rigging. Master link ini tidak dilas, dan bentuknya lebih pipih dibanding weldless master link.

Weldless Ring: yaitu master link tanpa sambungan / tanpa dilas yang berbentuk bulat. Bentuknya yang bulat memungkinkan master link ini mengangkut lebih banyak sling, namun rentan bergerak sehingga kurang aman digunakan terutama pada barang yang terlalu berat.

Pear Shaped Link: seperti namanya, master link ini berbentuk seperti buah pir. Bentuk pir membuat master link ini mampu mengunci sling agar tidak mudah bergerak, sehingga lebih aman digunakan.

Master Link Assembly: terdiri dari satu buah master link besar, dan disambungkan dengan dua master link dengan ukuran yang lebih kecil. Tujuannya adalah agar dapat menopang lebih banyak sling, namun tidak mudah bergerak. Master link ini bisa dibilang merupakan penyempurnaan dari weldless ring yang kurang aman.

Jenis Master Link dan Aplikasinya

Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu seberapa berat beban yang akan diangkut dan berapa banyak sling yang digunakan. Jangan lupa untuk menyesuaikan aneka master link dengan kedua faktor tersebut. Cek terlebih dahulu working load limit sebelum menggunakan master link dan alat rigging lainnya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor master link terlengkap dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual chain block, chain drum, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.