0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Masker
06
Nov
Jenis Masker dan Kegunaannya
Nov 06, 2019By Velasco

Jenis masker atau respirator ada bermacam-macam. Masker merupakan benda yang sering dijumpai di berbagai industri. Masker dirancang untuk melindungi penggunanya dari debu, gas, uap, atau partikel-partikel kecil berbahaya lainnya yang dapat terhirup oleh seseorang. Terdapat beberapa jenis masker sesuai dengan material dan fungsinya.

Jenis Masker Berdasarkan Bahan Materialnya

Berdasarkan bahan atau material pembuatannya, masker terbagi jadi dua: masker sekali pakai (disposable) dan masker yang dapat dipakai berkali-kali (reusable). Masker sekali pakai biasanya terbuat dari kertas atau kain tipis. Masker reusable biasanya terbuat dari bahan karet, plastik dan lainnya.

Jenis Masker Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan kegunaanya masker juga terdiri dari dua tipe yaitu:

  • Tipe air-purifying respirator (APR)
  • Tipe supplied-air respirator (SAR)

Tipe APR bertujuan agar orang yang mengenakan masker tersebut menghirup udara yang bersih dari partikel-partikel berbahaya. Tipe ini bekerja dengan dua prinsip, yaitu dengan cara menyaring (filtering) dan dengan cara menyerap (absorbing).

Dengan prinsip yang pertama, saat seseorang memakai masker APR, partikel-partikel berbahaya yang terkandung dalam udara akan tersaring, sehingga yang terhirup adalah udara bersih. Dengan prinsip yang kedua, partikel-partikel yang berbahaya terserap dan menyisakan udara bersih. Prinsip yang kedua ditujukan untuk partikel yang sangat kecil seperti yang terkandung dalam uap atau gas. Sedangkan prinsip yang pertama untuk debu atau serbuk.

Tipe APR dirancang atau didesain melekat di alat pernapasan saat dikenakan (tight-fitting). Fungsinya agar untuk menghindari terjadinya kebocoran.

Tipe SAR bertujuan untuk menyalurkan udara dari tanki kompresor udara melalui selang udara. Tipe ini dipakai agar pemakainya terhindar dari udara di tempat dia berada. Dalam industri besar, udara dalam tanki kompresor harus memenuhi standar kelembapan dan kebersihan. Contoh standar yang sering diterapkan yaitu standar CSA Z180.1-13 tentang Compressed Breathing Air and System.

Tipe SAR di desain dengan model tight-fitting atau loose-fitting. Tipe tight-fitting memiliki model penutup separuh atau seluruh wajah. Tipe loose-fitting memiliki model seperti helm yang dikenakan menutupi seluruh kepala.   

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, distributor masker N95 terbaik. Selain itu kami juga jual alat pemadam kebakaran seperti APAR, atau fire hydrant cabinet, dll.  Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.