0
  CONTACT US by WHATSAPP
05
Oct
Jenis Lampu Penerangan Kapal
Oct 05, 2016By Velasco Indonesia

Menurut Convention on The International Regulation For Preventing Collisions At Sea, 1972. Jenis lampu penerangan kapal berupa lampu – lampu operasi yang diletakkan sepanjang kapal sesuai dengan keperluan pada berbagai ruangan yang berada diatas kapal seperti di main deck, deck house, dan sebagainya. Jenis lampu penerangan kapal ada juga yang disebut lampu navigasi yaitu lampu – lampu kapal yang harus dipasang pada waktu kapal berlayar diantara matahari terbit dan terbenam, sedemikian rupa sehingga jenis kapal, letak dan arah kapal dapat diketahui. Adapun yang termasuk jenis lampu penerangan kapal untuk navigasi yaitu :

jenis lampu penerangan kapal
1. Lampu Tiang Agung ( Masthead Light )
Yaitu lampu navigasi berwarna putih yang dipasang pada tiang agung dengan sudut sinar 225 derajat. Dengan tinggi vertikal 4/3 x tinggi lampu sisi ( lampu lambung ).

2. Lampu Lambung ( Side Light )
Lampu – lampu navigasi berwarna merah sisi sebelah kiri dan warna hijau sisi sebelah kanan, yang dipasang disisi kapal dengan ketinggian sama dengan navigation bridge deck dan sudut sinar 112.5 derajat.

3. Lampu – Lampu Jangkar ( Anchor Light )
Lampu isyarat yang dipasang pada ujung haluan kapal, yang memberikan isyarat pada waktu malam hari bahwa kapal sedang lego jangkar. Dan lampu navigasi ini mempunyai sudut sinar 360 derajat dengan tinggi vertikal lebih dari 6 meter.

4. Lampu Buritan ( Stern Light )
Lampu navigasi berwarna putih yang dipasang pada buritan kapal dengan sudut sinar 135 derajat, tinggi vertikal pada jarak 15 ft lebih rendah dari lampu jangkar 15 x 0,3024 = 4,536 meter.

5. Lampu Isyarat Tanpa Komando ( Not Under Command Light )
Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal dalam keadaan tidak dikendalikan. Lampu ini dipasang pada tiang agung ( Masthead ) dengan sudur sinar 225 derajat dan berwarna merah.

6. Lampu Tanda Muatan Bahaya ( Dangerous Cargo Light )
Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal membawa muatan atau sedang membongkar dan memuat muatan yang berbahaya. Lampu ini dipasang pada puncak tiang agung dengan sudut sinar 360 derajat dan berwarna merah.

Jenis lampu penerangan kapal sangatlah penting dan harus dimiliki oleh setiap kapal untuk menjaga keselamatan kapal dan juga kenyamanan untuk orang orang yang akan mengoperasikan kapal tersebut. Pemilihan lampu penerangan kapal harus dilakukan baik baik dan penuh pertimbangan.