0
  CONTACT US by WHATSAPP
jenis kapal perikanan
13
Jan
Jenis Kapal Perikanan yang Ada
Jan 13, 2017By Velasco Indonesia
Berdasarkan FAO, pada tahun 2004 terdapat setidaknya empat juta jenis kapal perikanana komersial. Sekitar 1,3 juta merupakan kapal yang memiliki geladak. Hampir semua kapal bergeladak ini sudah termekanisasi, dan 40 ribu diantaranya berbobot lebih dari 100 ton. Sekitar dua per tiga dari empat juta kapal tersebut merupakan perahu penangkap ikan tradisional dengan berbagai tipe, digerakkan dengan layar dan dayung. Perahu tersebut biasanya digunakan oleh nelayan tradisional.
Untuk anda yang menyukai olahraga memancing, pasti anda ingin mengetahui kapal kapal apa saja yang biasanya digunakan untuk menangkap ikan.
jenis kapal perikanan
Sebelum tahun 1950an, hanya ada sedikit standarisasi jenis kapal perikanan. Desain dapat bervariasi antar pelabuhan dan galangan kapal. Sebelumnya perahu dibuat dari kayu. Namun karena biaya perawatan tinggi dan dengan perkembangan teknologi material, baja, fiberglass, dan serat karbon lebih banyak digunakan. Lamanya pembuatan perahu penangkap ikan tradisional bervariasi antara enam bulan hingga satu tahun. (wikipedia.com).
Jenis Kapal Perikanan adalah Setiap kapal yang menangkap ikan dengan jaring, tali, pukat atau alat penangkap ikan lainnya yang membatasi  kemampuan olah geraknya, tetapi tidak termasuk kapal yang menangkap ikan dengan tali pancing atau alat penangkap ikan lain yang tidak membatasi kemampuan olah gerak.
UKURAN – UKURAN PADA KAPAL PERIKANAN
  1. LOA ( LENGTH OVER ALL ) : Panjang keseluruhan dari kapal yang di ukur dari ujung buritan ke ujung halauan.
  2. MAXIMUM BREADTH / LEBAR MAXIMUM : Lebar terbesar dari kapal yang diukur dari kulit lambung kapal di samping kiri sampai kulit lambung kapal samping kanan.
  3. TINGGI KAPAL ( DEPTH ) : Jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak yang terendah dari tepi di ukur di tengah – tngah panjang kapal.
  4. DRAUGHT ( Sarat yang direncanakan ) : Jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.
  5. MAX DRAUGHT : Tinggi terbesar dari lambung kapal yang terendam di dalam air yang di ukur dari garis air muat sampai bagian kapal yang terendah.

Inilah beberapa jenis kapal perikanan berdasarkan ukurannya. Semoga artikel ini dapat lebih membantu kita mengerti mengenai jenis kapal perikanan yang ada.