0
  CONTACT US by WHATSAPP
15
Aug
Jenis Kapal Berdasarkan Fungsinya
Aug 15, 2016By Velasco Indonesia

Jenis Kapal Berdasarkan Fungsinya

Kebanyakan dari kita hanya tahu bahwa kapal adalah kapal, padahal banyak sekali jenis kapal berdasarkan fungsinya. Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut, sungai dan sebagainya. Meskipun sama-sama kendaraan air, namun ada banyak jenis kapal berdasarkan fungsinya.

  1. Kapal penumpang

Kapal besar yang berfungsi mengangkut penumpang dalam jumlah banyak.

  1. Kapal pesiar

Kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu diatas kapal yang dilengkapi dengan fasilitas mewah. Kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

kapal pesiar
kapal pesiar
  1. Kapal Samudra

Seperti kapal pesiar namun rute perjalanannya tidak kembali ke pelabuhan keberangkatan.

  1. Kapal Ferry

Digunakkan  untuk penyeberangan laut yang mengangkut penumpang beserta kendaraannya. Kendaraan yang diangkut bisa berupa mobil pribadi, bus atau truk.

  1. Kapal Peti Kemas

Kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas standar. Kapal ini memiliki rongga untuk menyimpan peti kemas.

kapal peti kemas
kapal peti kemas
  1. Kapal Tanker

Berfungsi untuk mengangkut minyak. Terdapat 2 jenis, pengangkut minyak matang dan minyak mentah. Kapal ini dibuat kokoh dan jangan sampai minyak yang diangkut bocor karena akan menyebabkan bencana bagi kehidupan laut. Bisa juga untuk mengangkut bahan kimia, LPG dan LNG.

kapal tanker
kapal tanker
  1. Kapal pengangkut

Berfungsi mengangkut barang seperti batu bara, semen, biji-bijian dan logam dalam rongga kargo yang terpisah. Bisa juga untuk mengangkut barang lain seperti mobil.

  1. Kapal derek

Kapal raksasa yang dilengkapi dengan beberapa derek raksasa yang bertugas membantu kontruksi di lepas pantai. Ukurannya mampu melebihi 100 meter.

kapal derek
kapal derek
  1. Kapal pengebor

Tujuan yang paling sering adalah untuk mengeksplorasi pengeboran minyak atau sumur gas di perairan dalam atau pengeboran ilmiah.

  1. Kapal penangkap ikan

Kapal yang digunakkan nelayan untuk menangkap ikan dengan jumlah besar. Biasanya memiliki alat untuk mengangkat jala dari laut dan tempat istirahat untuk nelayan.

kapal penangkap ikan
kapal penangkap ikan
  1. Kapal perang

Kapal perang biasanya milik angkatan laut. Biasanya hanya membawa senjata, amunisi dan pasokan untuk awaknya sendiri.

kapal perang
kapal perang

 

Jadi sekarang anda telah mengetahui jenis kapal berdasarkan fungsinya. Kapal meskipun sama–sama transportasi air namun ternyata memiliki fungsi yang berbeda sehingga memiliki bentuk yang berbeda pula.