0
  CONTACT US by WHATSAPP
jenis eye bolt kapal
24
Oct
Jenis Eye bolt Kapal – Sparepart Kapal
Oct 24, 2016By Velasco Indonesia

JENIS EYE BOLT Kapal

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang jenis eye bolt kapal yang tentunya ini adalah informasi yang akan sangat berguna untuk anda. Perlu anda ketahui bahwa eye bolttermasuk kedalam jenis alat-alat rigging, sama dengan hook, shackle, masterlink, dll. Eye boltama-sama memiliki lubang kait yang fungsinya sama, yaitu sama-sama digunakan sebagai alat bantu untuk mengangkat. Tetapi jika anda melihat dari segi peralatan yang digunakan, maka eye bolt dan connecting link ini memiliki fungsi yang sangat jauh berbeda.

JENIS EYE BOLT Kapal

Sebelum kami menjelaskan tentang jenis eye bolt, sebaiknya anda lebih dahulu harus mengerti tentang fungsi dari eye bolt ini. Fungsi eye bolt jika dikaitkan dengan peralatan yang digunakan adalah untuk mengangkat beban yang tidak memiliki lubang kait, contohnya balok besi, balok kayu, dll. Eye bolt dipasangkan kepada benda yang akan diangkat dengan cara disekrup masuk kedalam benda yang akan diangkat sampai menancap erat, yang nantinya eye bolt itulah yang digunakan sebagai lubang kait untuk mengangkat benda tersebut. Eye bolt didesain untuk pengangkatan lurus dan juga bersudut, tetapi sampai dengan sudut 45° saja.

Dari penjelasan fungsi diatas, barulah dapat dijelaskan tentang jenis-jenis dari eye bolt ini. Karena memang kegunaannya di Lapangan berbeda, tergantung dari jenis eye bolt tersebut.

Jenis-jenis eye bolt :

  • Plain Pattern Eye Bolt

Jenis-Eye-Bolt-Plain-Pattern

Seperti yang anda lihat diatas, tipe plain pattern eye bolt ini memiliki ciri tidak memiliki pundak atau lekukan dibagian matanya. Dan ulir sekrup pada plain pattern eye bolt berjarak dengan mata dari eye bolt itu sendiri. Untuk aplikasinya di Lapangan, jenis plain pattern eye bolt ini digunakan khusus untuk pengangkatan lurus saja. Jenis eye bolt ini tidak boleh digunakan untuk pengangkatan bersudut karena bentuknya yang tidak cocok untuk pengangkatan bersudut.

  • Shoulder Pattern Eye Bolt

Jenis-Eye-Bolt-Shoulder-Pattern

Jika dilihat dari gambar diatas, tipe shoulder pattern ini berbeda dengan plain pattern. Sesuai dengan namanya “shoulder”, jadi jenis eye bolt ini memiliki pundak atau lekukan dibagian matanya. Selain itu ulir sekrupnya didesain dari ujung eye bolt sampai dengan pangkal mata eye bolt tersebut. Hal ini membuat jenis shoulder pattern eye bolt dapat digunakan untuk pengangkatan lurus dan juga bersudut, yaitu maksimal dengan sudut 45°. Pundak dari shoulder pattern eye bolt ini berfungsi untuk menahan eye bolt dengan benda yang akan diangkat saat digunakan untuk pengangkatan bersudut.