0
  CONTACT US by WHATSAPP
jenis connecting link
25
Oct
Jenis Connecting Link – Sparepart Kapal
Oct 25, 2016By Velasco Indonesia

JENIS CONNECTING LINK

Setelah anda mengetahui fungsi dan juga jenis dari eye bolt dari penjelasan artikel sebelumnya, kali ini kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang fungsi dan jenis Connecting link. Berbeda dengan fungsi dari eye bolt yang berfungsi untuk menyambung beban yang tidak memiliki lubang kait agar dapat diangkat, fungsi dari Connecting Link ini adalah untuk menyambung antara sling rantai dengan alat Rigging lainnya seperti masterlink, shackle, hook, dll. Connecting Link hanya dikhususkan untuk dipasang pada rantai atau sling rantai, tidak untuk wire rope maupun webbing sling, karena memang connecting link ini didesain untuk rantai. Desain dari Connecting link ini dibuat agar dapat dibongkar pasang sehingga dapat dimasukkan pada mata rantai.

Untuk jenis-jenis atau tipe dari connecting link ini akan kami jelaskan berikut ini :

  • Connecting Link Kupu-kupu / Standard

Jenis-Connecting-Link-Kupu-Kupu

Connecting jenis / tipe ini adalah connecting link yang paling sering digunakan oleh kebanyakan user karena memang dapat digunakan untuk menyambung satu rantai dengan rantai lain. Selain untuk menyambung rantai satu dengan rantai lainnya, connecting link jenis ini juga dapat disambungkan dengan alat rigging lainnya, seperti : masterlink, shackle, hook, dll. Perlu diketahui bawah kelebihan dari connecting link tipe ini adalah dapat disambung maksimal dengan 2 rantai sekaligus, jadi maksudnya adalah 1 connecting link dengan 2 rantai. Dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis-Connecting-Link-Kupu-Kupu-Untuk-2-Rantai

*Note :

  • Walaupun dapat digunakan dengan 2 rantai sekaligus, tetapi connecting link tidak boleh digunakan sebagai pengganti masterlink.

Jenis-Connecting-Link-Kupu-Kupu-Pengganti-Masterlink

  • Walaupun dapat digunakan dengan 2 rantai sekaligus, tetapi connecting link tidak boleh dikaitkan dengan 2 rantai untuk disambungkan pada satu alat rigging.

Jenis-Connecting-Link-Kupu-Kupu-Kaitkan-Alat-Rigging

  • Connecting Link Chain Coupler

Jenis-Connecting-Link-Chain-Coupler

jenis Connecting link jenis / tipe chain coupler ini lebih jarang digunakan orang untuk aplikasinya di Lapangan. Tetapi connecting link tipe ini lebih cocok digunakan dengan rantai, karena bentuknya dapat mengunci mata rantai sehingga tidak goyang. Berbeda dengan connecting link tipe kupu-kupu yang memiliki lubang kait lebih besar yang menyebabkannya bisa bergeser atau bergoyang jika digunakan untuk mengangkat.

Bentuk dari Connecting Link jenis chain coupler ini seperti shackle omega, bagian yang dekat dengan penguncinya dikhususkan untuk dikaitkan pada mata rantai, dan bagian lainnya yang lebih lebar dikhususkan untuk dikaitkan pada alat Rigging.

Kekurangan dari chain coupler ini adalah tidak dapat digunakan untuk menyambung satu rantai dengan rantai lainnya dan juga tidak dapat digunakan pada 2 rantai sekaligus seperti yang dapat dilakukan oleh connecting link jenis kupu-kupu diatas. Hal inilah yang membuat connecting link jenis ini masih kurang banyak digunakan kebanyakan orang, walaupun jika dilihat dari segi penggunaannya lebih baik tipe ini.