0
  CONTACT US by WHATSAPP
jenis baju pelampung
28
Oct
Jenis Baju Pelampung dan Macamnya
Oct 28, 2016By Velasco Indonesia

Baju pelampung (life jackets) merupakan perangkat yang dirancang untuk membantu pemakai, baik secara sadar atau di bawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air atau pada saat berada dalam air. Perangkat yang dirancang dan disetujui oleh pihak yang berwenang dalam hal ini biro klasifikasi indonesia untuk digunakan oleh sipil dalam rekreasi berlayar, pelaut, kayak, kano, dll). Jenis Baju pelampung yang berbeda dirancang untuk digunakan oleh penumpang dan awak pesawat dari (helikopter, pesawat udara) dan kapal komersial (kapal tunda, kapal penumpang, feri, kapal laut). Perangkat yang digunakan oleh militer (angkatan udara, pasukan khusus, marinir, angkatan laut, penjaga pantai) dan kepolisian.

Beberapa jenis baju pelampung adalah:
 
Busa steriofoam
Merupakan jenis baju pelampung yang paling sederhana, terbuat dari busa steriofoam yang dibungkus didalam baju pelampung. Banyak digunakan sebagai perangkat keselamatan kapal, bis air, perahu. Biasanya menggunakan warna orange agar mempermudah proses evakuasi bila terjadi bencana. Biasanya dilengkapi dengan lampu yang hidup bila baterainya terendam air serta peluit.

 
Pelampung balon udara
Pelambung balon udara yang ditempatkan didalam baju pelampung yang dikembangkan dengan menarik pemicu udara (tabung co2) yang akan mengisi ruang didalam baju pelampung dan biasanya dilengkapi dengan peniup manual bila tabung co2 tidak berfungsi. Merupakan perlengkapan pesawat terbang standar.

Jenis Dan Macam – Macam Pelampung, keamanan pada olahraga yang berhubungan dengan air harus benar – benar juga diperhatikan, salah satu alat keamanan untuk olahraga ataupun kegiatan yang berhubungan dengan air yaitu Life Jacket atau Jaket Penyelamat atau juga bisa disebut dengan pelampung

disini yang saya bahas terdapat 5 tipe Personal Flotation Devices, jaket penyelamat di air untuk perorangan dilihat dari bentuknya.

1. Offshore Life Jacket
Tipe jenis ini memang dirancang untuk kondisi perairan terbuka, mengkondisikan daerah wajah tetap berada di atas karena dukungan 20 pon spon apung. Pada situasi terpencil yang dapat dipastikan bantuan akan lambat datang, Jaket ini dirancang untuk bisa tahan lama.

 2.Near-Shore Vest
Tipe klasik, biasanya bisa untuk dewasa dan anak-anak. Dirancang untuk situasi air tenang dan tidak berarus. Sebaiknya bantuan segera datang.

3. Flotation Aid
Tipe ini yang sering dan banyak digunakan oleh orang, bentuknya sangat nyaman, banyak variasi, bentuk dan tipenya. Tipe standar ini juga untuk penyelamatan di perairan yang tenang.

4. Throwable Device
bantal atau cincin pelampung yang dirancang untuk dilempar kepada seseorang dalam kesulitan. Mereka tidak selama berjam-jam di perairan, tidak bisa berenang atau tidak sadar.

5. Special Use Device
Disebut juga jaket hybrid (gabungan), menggunakan rompi khusus yang juga bisa dipergunakan untuk bekerja. Rompi khusus ini juga menambah peralatan tiup untuk mendukung daya apung lebih tinggi. 

Pelampung dari Boogie adalah produk anak negeri yang layak dihandalkan karena mereka membuat pelampung ini berdasarkan pengalaman segudang yang mereka dapatkan selama berkecimpung di olahraga air seperti arung jeram (rafting) dan kayaking.