0
  CONTACT US by WHATSAPP
Alat Komunikasi
24
May
Berbagai Jenis Alat Komunikasi di Kapal
May 24, 2019By Velasco

Alat komunikasi sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi semua orang, terlebih saat di kapal. Setiap kapal wajib memiliki alat komunikasi kapal yang mumpuni agar mudah dihubungi dan mudah menghubungi kapal lain. PT Velasco Indonesia Persada jual alat komunikasi kapal terbaik dan berkualitas.

Alat ini menjadi penting sebab setiap kapal harus berkomunikasi dengan petugas di darat, misalnya untuk menentukan di sebelah mana akan berlabuh. Setiap kapal juga perlu berkomunikasi dengan kapal lain, misalnya saat membutuhkan bantuan khusus.

Alat untuk berkomunikasi tidak melulu berupa telepon yang dapat berkomunikasi 2 arah. Alat sederhana seperti lampu juga dapat menjadi alat komunikasi, sebab dengan lampu tersebut, baik kapal maupun petugas di darat dapat memberikan sinyal yang bisa diterima oleh kapal lain. Sinyal tersebut merupakan pesan penting yang perlu diperhatikan kapal lalin.

 

Berikut ini beberapa contoh alat yang umum digunakan untuk komunikasi di kapal. Beberapa di antaranya digunakan dalam keadaan darurat.

  1. Epirb (Emergency Position Indicating Radio Beacon)

Sebuah radio pengirim sinyal yang digunakan dalam keadaan darurat, fungsinya agar kapal dapat tetap terhubung ke darat sehingga memudahkan pencarian.

  1. Lampu Navigasi

Diletakkan di atas kapal, berfungsi sebagai penentu arah, posisi dan jenis kapal.

  1. Lampu Sinyal

Lampu di atas kapal, berfungsi untuk mengirimkan kode-kode isyarat berupa cahaya.

  1. Marine Intercom

Alat komunikasi antar ruang di dalam kapal untuk memudahkan koordinasi antar awak kapal.

  1. Satellite Phone

Alat komunikasi menggunakan sinyal satelit.

  1. Sart (Search and Rescue Radar Transponder)

Sarana dalam GMDSS yang berfungsi untuk membantu pencarian sekoci dalam keadaan darurat.

Selain itu, juga ada alat navigasi yang sudah canggih dan dilengkapi dengan sistem komunikasi untuk kapal.

  1. Marine GPS Navigator

Sistem navigasi GPS (Global Positioning System) berbasis satelit yang khusus didesain untuk keperluan kapal. Tidak hanya dapat menunjukkan arah, alat ini juga dapat menginformasikan kondisi laut seperti kedalaman, arus, dll.

  1. Marine Radar

Alat bantu navigasi yang berfungsi untuk menentukan posisi kapal dan mendeteksi resiko adanya tubrukan selama berlayar.

 

Membeli alat seperti ini tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda membeli dari distributor terpercaya seperti PT Velasco Indonesia Persada. Kami menjual alat komunikasi kapal dengan berbagai merk ternama seperti Furuno, Samyung, Thuraya, dan Icom. Semua alat dijamin asli dan berkualitas.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai alat komunikasi kapal berkualitas tinggi dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual peralatan kapal lainnya seperti wire rope dan shackle. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.