0
  CONTACT US by WHATSAPP
jangkar kapal berdasarkan kegunaan dan penempatannya
04
Apr
Jangkar Berdasarkan Kegunaan dan Penempatannya
Apr 04, 2017By Velasco Indonesia

Pelaut menggunakan jangkar berdasarkan kegunaan dan penempatannya. Jangkar merupakan alat labuh yang mempunyai bentuk dan berat khusus yang akan diturunkan kedalam air sampai dengan dasar, sehingga pada saat jangkar diturunkan maka kapal sangat terbatas pergerakkannya dengan posisi jangkar dan panjang rantai yang diturunkan, hal ini untuk menahan supaya kapal tidak bergerak dan tetap dalam posisinya, gerakkan kapal di akibatkan oleh :

  1. Dorongan akibat arus air dibagian bawah garis air kapal
  2. Dorongan angin terhadap bagian kapal di atas garis air
  3. Dorongan akibat pergerakkan pitching dan rolling karena gelombang

Dorongan tersebut secara umum akan ditahan oleh sistem jangkar lengkap dengan perlengkapan mesin jangkar yang kadang kala di daerah tertentu juga ditambah dengan tali tambat lain ( Mooring Rope ) supaya kapal benar – benar tidak berubah posisinya. Jangkar rangkaikan dengan rantai jangkar yang pergerakkan turun dan naik diatur menggunakan mesin jangkar ( Anchor Windlass ) yang dipasang di atas Forecastle deck.

jangkar berdasarkan kegunaan dan penempatannya
jangkar berdasarkan kegunaan dan penempatannya

Penggunaan jangkar berdasarkan kegunaan dan penempatannya. Biasanya kapal – kapal besar seperti kapal niaga pelayaran besar ( Ocean Going Ship ) dilengkapi dengan tiga tipe jangkar :
1. Jangkar utama ( Bower Anchor )
Merupakan jangkar utama ( seluruh kapal diatas 250 DWT ) dilengkapi dua buah jangkar haluan yang diposisikan dikiri dan kanan haluan kapal. Jangkar ini digunakan pada saat berlabuh didaerah labuh ( Anchorage Area ). Kedua jangkar tersebut memiliki berat yang sama yang besarnya diatur sesuai dengan ketentuan klasifikasi. Untuk kapal pelayaran besar dilengkapi pula dengan jangkar cadangan, hal ini diperlukan karena apabila salah satu jangkar utama hilang maka untuk penggantian akan lebih mudah. Karena jangkar cadangan memiliki ukuran berat dan bentuk yang sama.

2. Jangkar arus ( Stream Anchor )
Untuk kapal pelayaran besar ( Ocean Going Ship ) ukuran tertentu dilengkapi dengan satu buah jangkar arus yang dipasang dibagian buritan kapal. Jangkar ini digunakan untuk membantu jangkar haluan pada saat berlabuh didaerah yang memiliki arus yang sangat kuat, dan untuk menahan posisi kapal bagian buritan supaya tetap dalam posisinya. Jangkar arus ini ditempatkan digeladak buritan kapal, jangkar arus memiliki berat minimum lebih kurang sepertiga berat jangkar haluan, pada kapal – kapal ukuran besar berat jangkar arus atau buritan sama dengan berat jangkar haluan atau utama.

3. Jangkar Cemat ( Kedges Anchor )
Pada kapal tertentu dilengkapi dengan jangkar cemat yang memiliki berat setengah berat jangkar arus. Jangkar cemat digunakan untuk membebaskan kapal pada saat kapal kandas didasar yang berpasir.

Velasco Indonesia menyediakan berbagai macam jangkar dan peralatan kapal. Untuk melihat berbagai produk peralatan kapal kami, dapat mengunjungi website kami: www.velascoindonesia.com

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui email yang telah kami sediakan: cso@velascoindonesia.com