0
  CONTACT US by WHATSAPP
pelaut
02
Sep
Apakah Anda Ingin Menjadi Pelaut Profesional?
Sep 02, 2016By Velasco Indonesia

Apakah anda ingin menjadi pelaut profesional? Beberapa dari Anda mungkin bercita-cita menjadi pelaut, misalnya menjadi nahkoda kapal. Ya, Indonesia memang merupakan negara maritim di mana lowongan pekerjaan di bidang maritim memiliki potensi yang besar. Namun, apa saja yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang pelaut profesional  mungkin masih membingungkan. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa persyaratannya.

Untuk menjadi seorang pelaut profesional, Anda membutuhkan pendidikan yang tepat. Pendidikan untuk seorang pelaut adalah jurusan kepelautan atau pelayaran. Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan hal tersebut adalah Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Surabaya, Politeknik Ilmu Pelayaran PIP Makassar, dan Sekolah Pelayaran Jakarta.

pelaut profesional

Setelah menempuh pendidikan yang tepat, dalam mencari pekerjaan di bidang kelautan Anda membutuhkan persiapan berikut:

Dokumen umum untuk pelamaran kerja:

  1. SKCK
  2. Ijazah terakhir
  3. Akta kelahiran
  4. Pas foto
  5. Surat-surat khusus:
  6. Buku Pelaut
  7. Watchkeeping – ANT-D (deck) dan ATT-D (mesin)
  8. Sertifikat lain: BST (Basic Safety Training), PSCRB (Proficiency in Survival Craft & Rescue Boats, AFF (Advanced Fire Fighting, TF (Tanker Familiarization, OT (Oil Tanker Training

Untuk pencarian kerja, Anda dapat memanfaatkan koneksi atau hubungan misalnya dari teman ke teman. Hal ini masih terbukti ampuh untuk memudahkan Anda memperoleh kerja jadi pelaut. Namum jika dengan memanfaatkan koneksi ternyata masih belum bisa memperoleh kerja jadi pelaut Anda bisa cari kerja di kapal dengan mencari broker atau agent crewing. Mereka inilah yang akan membantu Anda mencarikan kerja di kapal laut.

Untuk mengurus surat-surat, Anda tentu memerlukan biaya. Biaya ini berubah tiap tahun tetapi tentunya biaya akan lebih rendah jika Anda mengurus surat-surat Anda sendiri dan tidak melalui makelar.

Pelamaran kerja dapat dilakukan dengan datang langsung  ke kantor perusahaan pelayaran di kota Anda. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat meminta bantuan relasi. Jika tidak ada relasi, saat ini biaya untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pelaut paling mahal mencapai 5-10 juta Rupiah. Namun, semua ini adalah langkah-langkah yang anda butuhkan untuk menjadi pelaut profesional. Tidak ada pekerjaan yang langsung mulai diatas. Menjadi pelaut profesional harus mulai dari paling dasar.